sign up SIGN UP search


kehamilan

Perut Kembung saat Hamil: Penyebab dan Cara Pencegahannya

Kinan Senin, 21 Jun 2021 16:24 WIB
Ilustrasi hamil atau melahirkan caption

Seiring dengan bertambah besarnya ukuran bayi, perut bunda hamil akan sering merasa tak nyaman. Ya, perut kembung saat hamil memang dianggap wajar. Tapi apa ya penyebab kondisi ini?

Perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter guna memastikan penyebab dari perut kembung itu sendiri. Dengan demikian, pengobatannya pun bisa lebih tepat.

Dilansir Medical News Today, perut kembung merupakan salah satu keluhan yang cukup umum pada wanita hamil. Dalam sebuah studi, 49 persen peserta bahkan melaporkan keluhan perut kembung saat hamil.


Penyebab perut kembung saat hamil

Salah satu kemungkinan penyebab perut kembung saat hamil adalah fluktuasi hormon. Hormon kehamilan mengendurkan rahim dan membuat otot-otot pencernaan lebih rileks, sehingga memperlambat pencernaan.

Hal ini dapat menyebabkan sembelit, yang kemudian membuat perut terasa tak nyaman dan kembung.

Keluhan ini biasanya lebih sering muncul pada trimester pertama, dan mungkin bertambah buruk selama trimester ketiga. Tepatnya dimulai pada minggu ke-29, di mana janin sudah 'mengambil' lebih banyak ruang dan menekan organ di sekitarnya.

Selain itu, wanita yang memiliki riwayat irritable bowel syndrome (IBS) juga lebih berisiko mengalami perut kembung saat hamil. IBS sendiri sering menyebabkan rasa sakit di perut, sembelit, diare, kembung, dan gejala lainnya.

Pengobatan rumahan untuk perut kembung saat hamil

Jangan buru-buru minum obat saat mengalami keluhan perut kembung saat hamil, terlebih tanpa resep dokter. Berhati-hatilah dalam mengonsumsi obat atau suplemen apa pun selama kehamilan, termasuk produk herbal ya, Bunda.

Diskusikan semua gejala dan pilihan pengobatan secara menyeluruh dengan dokter.

Untuk sementara, Bunda dapat mencoba beberapa cara rumahan ini untuk meredakan keluhan kembung saat hamil :

  • Minum air putih minimal 8 gelas per hari
  • Secara bertahap tingkatkan asupan serat dengan makan lebih banyak buah segar, buah kering, dan biji-bijian
  • Jangan lupa olahraga teratur
Beautiful young women in the third trimester of pregnancy Pregnant woman holding arms in her stomach Expecting child concepts White backgroundIlustrasi perut kembung saat hamil. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Tanaban chuenchay)

Perawatan medis perut kembung saat hamil

Perawatan medis untuk kembung selama kehamilan biasanya tidak diperlukan. Sebab umumnya kondisi ini dapat membaik dengan pola makan teratur dan istirahat yang cukup.

Namun jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter apabila keluhan kembung tak kunjung sembuh. Atau rasa tak nyaman di perut disertai dengan keluhan lain.

Untuk membantu menentukan penyebab dan pengobatan, dokter perlu mengumpulkan informasi tentang gejala ketidaknyamanan yang dialami.

Selain itu, perlu juga dicari tahu terlebih dahulu riwayat kesehatan sebelum hamil.

Pencegahan perut kembung saat hamil

Untuk menghindari kembung selama kehamilan, berikut beberapa tips yang dapat Bunda terapkan:

  • Makan dengan porsi lebih sedikit, tetapi lebih sering
  • Terapkan diet gizi seimbang dengan konsumsi biji-bijian, buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan, dan makanan kaya serat lainnya
  • Hindari makanan tinggi lemak
  • Makan lebih sedikit makanan yang menyebabkan gas, termasuk kubis, kembang kol, dan kubis Brussel
  • Hindari terlalu banyak minum di antara waktu makan
  • Ganti kafein (misalnya kopi, teh, dan sebagainya dengan air putih
  • Jangan minum minuman beralkohol
  • Rutin lakukan aktivitas fisik
  • Hindari makan berlebihan tepat sebelum tidur

Yang paling penting, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan melalui minum air putih minimal 8 gelas per hari. Demikian dilansir What to Expect.

Air putih membantu memperlancar kerja sistem pencernaan. Berbagai masalah pemicu perut kembung seperti sembelit dan produksi gas berlebih pun dapat lebih mudah dihindari.

Kapan harus ke dokter?

Perut kembung saat hamil biasanya tidak berbahaya. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, ini dapat menunjukkan masalah kesehatan lain yang perlu ditangani segera.

Temui dokter jika kembung terasa konstan, atau terjadi dengan salah satu masalah berikut:

  • Penurunan berat badan
  • Gejala anemia, seperti kelelahan dan pusing
  • Sakit perut bagian kanan atas
  • Mual dan/atau diare

Pada intinya, tak sedikit wanita yang mengalami perut kembung saat hamil. Kemungkinan besar penyebabnya yakni perubahan hormonal, yang wajar dialami selama awal masa kehamilan.

Perubahan pola makan, olahraga cukup dan istirahat teratur pun dapat membantu mencegah keluhan kembung saat hamil. Ingat, segera konsultasi ke dokter jika keluhan kembung tak kunjung sembuh dan disertai dengan gejala tambahan lainnya.

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi