sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Makanan Enak untuk Penambah Darah Ibu Hamil, Termasuk Daging & Sayuran Segar

Tim HaiBunda Sabtu, 26 Jun 2021 13:06 WIB
Ibu hamil makan buah caption
Jakarta -

Ibu hamil akan sangat rentan terkena anemia yang memiliki gejala mudah lelah, badan lesu, dan sakit kepala. Anemia dapat terjadi karena adanya ketidakseimbangan sel darah yang berada di dalam tubuh.

Sel darah merah sendiri sangat berperan membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Dan, pada ibu hamil biasanya sering terjadi anemia defisiensi zat besi.

Jika Bunda yang sedang hamil mengalami hal tersebut, segera dapatkan penanganan. Pasalnya, ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada saat masa kehamilan dan bisa terus berlangsung hingga jelang persalinan.


Banner Pria Pati TriliunerFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Perlu diketahui Bun, kurang darah yang dialami oleh seorang ibu hamil dapat mengakibatkan persalinan secara prematur. Selain itu bayi bisa lahir dengan berat badan yang rendah.

Makanan Penambah Darah Ibu Hamil

Walaupun Bunda hamil rentan terserang anemia, tidak boleh lho mengonsumsi obat-obatan secara sembarang tanpa saran dari dokter. Lebih baik Bunda menjalankan pola makan yang sehat termasuk dengan mengonsumsi lima makanan penambah darah berikut:

1. Daging

Bagi Bunda hamil yang sedang mengalami anemia sangat disarankan untuk konsumsi daging terutama untuk daging merah. Disarankan berupa daging kambing dan sapi karena memiliki banyak kandungan zat besi. Kandungan zat besi dalam daging diketahui jauh lebih besar dari pada sumber zat besi lainnya.

2. Madu

Madu juga banyak mengandung zat besi yang baik untuk Bunda hamil. Kombinasikan madu dan buah supaya mendapatkan manfaat penuh zat besinya.

Manfaat madu juga bersifat ganda. Sebab, dapat meningkatkan kesehatan Bunda dan Si Kecil di dalam kandungan.

Ilustrasi makanan ibu hamilIlustrasi makanan ibu hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

3. Brokoli dan Bayam

Bunda hamil yang mengalami anemia selalu disarankan untuk konsumsi sayuran hijau layaknya bayam dan brokoli. Sayuran ini juga menjadi salah satu makanan penambah darah karena mengandung zat besi dan asam folat.

Konsumsi sayuran hijau seperti ini juga untuk mengatasi sembelit, Bun. Perlu diingat sering terjadi kasus susah Buang Air Besar (BAB) pada bumil. Maka itu, rajin konsumsi sayur dan buah ya.

4. Sumber Protein

Ibu hamil juga harus banyak konsumsi protein agar dapat mencegah anemia. Karena tingkat produksi dan berkembangnya sel-sel yang ada dalam tubuh, termasuk juga sel darah merah, sangat membutuhkan protein.

Ada banyak sekali makanan yang mengandung protein. Tetapi yang paling banyak dikenal adalah telur dan ikan di mana keduanya termasuk protein hewani. Selain itu terdapat protein nabati dari kacang-kacangan, tahu, dan tempe.

5. Buah

Ketika hamil juga sangat disarankan untuk banyak konsumsi buah karena untuk memenuhi nutrisi yang sangat diperlukan oleh janin dan Bunda. Dalam buah banyak terkandung vitamin dan mineral untuk menjaga kehamilan tetap sehat.

Buah yang biasa dianjurkan untuk ibu hamil adalah buah pisang karena pisang memiliki kandungan zat besi dan mineral yang dapat menambah darah pada. Makanan penambah darah yang disarankan lainnya adalah buah jeruk yang banyak kandungan vitamin C sekaligus bisa membantu penyerapan zat besi. (PK)

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi