sign up SIGN UP search


kehamilan

Busui, Intip 3 Cara Pakai Pil KB Progestin agar Tokcer Cegah Kehamilan

Annisa Karnesyia Rabu, 30 Jun 2021 18:40 WIB
Pil KB caption
Jakarta -

Membangun keluarga yang harmonis membutuhkan perencanaan yang matang ya, Bunda. Salah satunya dengan merencanakan jumlah anak yang dimiliki dengan menggunakan metode kontrasepsi.

Metode kontrasepsi pil progestin bisa menjadi pilihan nih. Pil ini cocok bagi Bunda yang menyusui, terutama di masa pandemi.

Dilansir laman American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), progestin adalah bentuk progesteron, yakni hormon yang berperan dalam siklus menstruasi dan kehamilan. Progestin digunakan dalam beberapa metode KB, misalnya pil minum.


ACOG menyatakan bahwa 9 dari 100 wanita akan hamil selama tahun pertama penggunaan pil progestin. Apabila digunakan dengan tepat dan benar, hanya kurang 1 dari 100 wanita akan hamil selama tahun pertama penggunaan pil ini.

"Beberapa wanita mungkin akan mengalami lebih sedikit pendarahan atau berhenti mengalami menstruasi saat minum pil ini. Pil progestin juga dapat membantu wanita yang mengalami menstruasi berat dan menyakitkan," kata ACOG.

Pil progestin aman untuk Bunda yang lagi menyusui ya. Pil ini pun dapat menjadi pilihan alat kontrasepsi selama masa pandemi.

Mengutip Monika BKKBN (Monitoring Berkualitas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional), pil progestin disebut juga pil menyusui. Metode kontrasepsi hormon progestin ini harus diminum satu pil setiap hari.

Efektivitas penggunaan pil progestin adalah 97 persen atau sangat tinggi. Bunda bisa mendapatkanĀ pil KB ini di Puskesmas, Klinik Pratama, rumah sakit D pertama, praktik dokter, bidan, dan rumah sakit.

Cara kerja pil progestin

Pil progestin merupakan metode kontrasepsi pilihan untuk Bunda menyusui. Sebab, pil ini tidak akan membuat ASI menjadi kering.

Umumnya dosis pilĀ menyusui berbahan dasar progestin akan disesuaikan untuk Bunda menyusui. Tapi ingat, progestin dengan dosis tinggi seperti suntikan atau yang mengandung estrogen dapat mengganggu ASI.

Pil progestin bekerja dengan cara mencegah pelepasan sel telur dari indung telur. Selain itu, pil KB ini juga bekerja dengan cara mengentalkan lendir leher rahim, sehingga dapat mengganggu pertemuan antara sperma dan sel telur.

Simak manfaat dan cara penggunaan pil progestin di halaman berikutnya ya.

Simak juga alasan kenapa pil KB harus diminum setiap hari, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA PENGGUNAAN PIL PROGESTIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi