sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil, Ampuh Cegah Anemia Bun

Meita Fajriana Sabtu, 28 Aug 2021 16:20 WIB
pregnant woman have a pain standing caption

Jakarta - Saat menjalani kehamilan, tubuh Bunda memerlukan tambahan darah yang lebih banyak yang akan memengaruhi kesehatan Bunda dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Selain suplemen penambah darah yang diberikan dokter kandungan, Bunda bisa melengkapi kebutuhan darah dalam tubuh selama hamil dengan mengonsumsi beberapa makanan alami. Apa saja makanan penambah darah saat hamil? Simak terus penjelasannya ya Bunda. 

Melansir dari laman VerywellFamily, meningkatnya kebutuhan jumlah darah pada tubuh wanita hamil yang berakibat pada risiko anemia adalah kondisi yang sangat umum saat kehamilan.


Kadar zat besi dalam tubuh yang rendah dapat membuat Bunda merasa lelah, sakit kepala, pusing, merasa lemah, atau sesak napas. Ini sering merupakan kondisi yang kerap dialami saat hamil sehingga Bunda perlu melakukan uji kadar zat besi di dalam darah, terlepas dari seberapa berat gejalanya.

Multivitamin prenatal memang memberikan tambahan zat besi yang baik, tetapi dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi juga dapat membantu mencegah anemia pada kehamilan dan pascapersalinan.

Lantas apa saja makanan penambah darah yang bisa Bunda konsumsi saat hamil? Berikut deretan rekomendasinya seperti dilansir dari laman Healthline. 

1. Daging sapi tanpa lemak

Daging merah adalah sumber zat besi terbaik. Satu porsi atau 3 ons daging sapi sirloin tanpa lemak mengandung sekitar 1,5 miligram zat besi. Namun pastikan Bunda mengolah daging dengan baik dan matang sempurna. Mengonsumsi daging setengah matang tidak dianjurkan selama kehamilan karena risiko kontaminasi bakteri yang dapat membahayakan perkembangan janin. 

2. Ayam

Ayam mengandung 1,5 mg zat besi per porsi atau 8 ons. Aman untuk makan ayam selama kehamilan, tetapi, seperti halnya daging sapi, Bunda harus memastikan ayam dimasak sepenuhnya sampai matang untuk menghindari konsumsi bakteri berbahaya, seperti listeria.

Untuk tahu makanan lainnya, klik halaman berikutnya ya Bunda.

Simak video tentang 5 makanan pencegah anemia pada ibu hamil di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



MAKANAN PENAMBAH DARAH UNTUK IBU HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!