sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil, Ampuh Cegah Anemia Bun

Meita Fajriana Sabtu, 28 Aug 2021 16:20 WIB
MAKANAN PENAMBAH DARAH UNTUK IBU HAMIL
Side view of unrecognizable pregnant woman cutting oranges for healthy breakfast in morning, copy space caption

3. Ikan salmon

Salmon relatif kaya akan zat besi yaitu sebanyak 1,6 mg untuk 250 gr salmon filet. Salmon aman dikonsumsi selama kehamilan selama dimasak hingga matang. Selain merupakan sumber zat besi salmon juga mengandung asam lemak omega-3 dan nutrisi lain yang dapat berkontribusi pada kehamilan yang sehat.

Salmon juga lebih rendah merkuri daripada beberapa jenis ikan lainnya, sehingga membuatnya lebih aman untuk dikonsumsi saat hamil. Cobalah untuk mengonsumsi dua atau tiga porsi ikan setiap minggu sebagai cara untuk meningkatkan zat besi serta protein dalam tubuh Bunda selama kehamilan. 

4. Buah-buahan

Selain zat besi hewani, Bunda juga disarankan mengonsumsi buah-buahan untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan ibu dan janin. Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral agar kehamilan tetap sehat.


Adapun jenis buah yang mampu mencegah anemia pada ibu hamil adalah pisang yang mengandung banyak zat besi dan mineral sehingga menambah darah. Selain itu, juga dianjurkan buah jeruk yang kaya vitamin C karena dapat meningkatkan penyerapan zat besi.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!