sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Tanda Khusus Ibu Hamil akan Segera Melahirkan

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 04 Oct 2020 08:17 WIB
Attractive pregnant female grimacing with hands on baby bump while sitting at home caption

Hari Prediksi Lahir (HPL) yang semakin dekat membuat kegugupan tersendiri bagi sebagian ibu hamil. Apalagi, kalau kehamilan yang dijalani merupakan kehamilan perdana dan belum ada pengalaman sama sekali.

Tak jarang menjelang persalinan tiba, Bunda jadi sulit tidur terutama di malam hari. Seringkali rasa cemas hinggap dan membuat kekhawatiran tersendiri. Termasuk dihantui pemikiran bagaimana nanti melewatkan persalinan.

Hal ini memang wajar terjadi kok, Bunda. Bahkan, Bunda yang sudah memiliki pengalaman pun tak selalu tahu kapan persalinan akan segera tiba. Itu dikarenakan banyak tanda awal persalinan yang tidak jelas dan sering disalahartikan.


Misalnya saja, apakah tetesan kecil cairan menandakan ketuban pecah atau hanya urine yang bocor karena bayi sedang bertumpu pada kandung kemih dan sebagainya.

Rochel Lieberman, seorang bidan di Brooklyn, New York mengatakan bahwa beberapa tanda khusus biasanya memang muncul ketika menjelang persalinan tiba. Apa saja tandanya? Simak ulasannya di sini:

1. Keputihan meningkat

"Biasanya ibu hamil akan merasakan peningkatan keputihan yang mungkin berwarna kecokelatan atau merah mudah. Kemudian, ada sensasi bayi jatuh lebih rendah ke dalam rongga panggul,"ujarnya seperti dikutip dari laman Parents.

2. Berat badan turun

Lieberman juga mengatakan bahwa tanda-tanda melahirkan lain yaitu adanya penurunan berat badan sedikit dan nyeri tumpul di punggung yang datang dan pergi.

3. Ingin buang air besar disertai kram

Selain itu, Bunda juga akan merasakan buang air besar yang sering disertai kram. Jadi, Bunda bisa membedakan sakit perut ingin ke toilet seperti pada umumnya atau sudah dekat persalinan. Rasakan, apakah perut juga merasakan kram setelahnya.

4. Gangguan pencernaan dan muntah

Serta adanya gangguan pencernaan dan muntah sebelum persalinan yang mungkin terjadi. Ini merupakan cara tubuh mengosongkan isi perut sehingga rahim akan berkontraksi dengan baik. 

5. Diare

Melansir Whattoexpect, tanda-tanda melahirkan lainnya yakni Bunda akan merasakan leher rahim yang membesar, sendi yang terasa longgar, diare, kelelahan, serta kontraksi yang lebih kuat dan lebih sering.

6. Bayi turun ke panggul

Perlu Bunda ingat juga, biasanya saat persalinan sudah dekat Bunda akan merasakan bayi seperti makin turun ke panggul. Jika ini pengalaman melahirkan untuk pertama kali, bayi biasanya akan mulai turun ke panggul beberapa minggu sebelum persalinan dimulai (biasanya sekira dua hingga empat minggu sebelumnya, tetapi dapat bervariasi).

Sementara pada kelahiran berikutnya, keringanan ini tidak sering terjadi sampai benar-benar melahirkan. Idealnya, ketika bayi bersiap untuk keluar, mereka akan siap dengan posisi kepala menunduk dan rendah.

7. Lebih sering kencing

Bunda mungkin akan merasakan seperti sedang bergoyang-goyang lebih dari yang Bunda rasakan. Dan, Bunda juga mungkin akan merasakan intensitas ke kamar mandi yang lebih sering karena kepala bayi yang semakin menekan kandung kemih.

Nah, itulah tanda-tanda melahirkan yang perlu Bunda tahu ya. Semoga menjalani persalinan dengan lancar ya, Bunda!

 Bunda, simak juga yuk manfaat ngepel lantai sebelum bersalin seperti dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi