sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Cara Tepat untuk Program Hamil Alami, No.4 Harus Disetujui Ayah

Tim HaiBunda Minggu, 12 Sep 2021 14:55 WIB
Ilustrasi Susu Ibu Hamil caption
Jakarta -

Apakah Bunda sudah siap dengan rencana program hamil? Jika iya, maka kumpulkan informasi secara detail dan akurat karena mengetahui cara tentang program hamil itu sangat penting demi mendapat kehamilan yang sehat.

Program hamil yang tertuang di sini penting dilakukan terutama jika Bunda menginginkan untuk punya anak dengan cara alami. Penting diingat bahwa harus ada pemeriksaan dari kedua pihak, bukan hanya dari Bunda saja. Maka itu dalam cara program hamil ini disertakan pula pemeriksaan sperma Ayah. Disimak ya, Bun.


Cara Program Hamil

1. Mengetahui masa subur

Jika Bunda memiliki siklus menstruasi yang teratur, hitung mundur dari tanggal menstruasi berikutnya dikurangi 14. Nah, masa subur dimulai dua hari sebelum tanggal tersebut sampai dua hari sesudahnya.


2. Berhenti KB dan melepas alat kontrasepsi

Jika sebelumnya Bunda memasang KB dan alat kontrasepsi lainnya, maka sebaiknya dihentikan dulu ya. Ini agar program hamil yang sedang dilakukan dapat berjalan dengan lancar.

3. Memeriksakan kondisi kesehatan

Ketika Bunda berencana untuk melakukan program hamil, pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter. Tujuannya agar mengetahui kondisi tubuh dan pasangan dalam kondisi benar-benar sehat. Dari hasil pemeriksaan ini pula bisa ditentukan langkah berikutnya.

4. Menjaga kualitas dan kuantitas sperma pasangan

Hal ini dilakukan agar sperma yang membuahi telur di rahim berada dalam kualitas yang sehat dan berjumlah banyak. Penting untuk dilakukan yaitu berhenti merokok, menjaga berat badan normal, dan cukup terpenuhi kebutuhan nutrisi dari Ayah.

5. Meningkatkan berhubungan intim

Bunda bisa melakukan hubungan intim sebanyak 2 - 3 hari dalam seminggu. Tujuannya agar kesempatan untuk hamil lebih besar karena sperma dapat bertahan hidup pada saluran telur di rahim bertahan 2 - 3 hari.

6. Mengatur pola makan untuk program hamil

Mengatur pola makan yang sehat termasuk dalam cara program hamil, dengan asupan makanan yang teratur dan sehat sehingga tubuh dan rahim dalam keadaan yang sehat.

Bunda bisa mulai rajin mengonsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, susu yang rendah lemak, makanan yang mengandung protein dan kaya zat besi. Jangan terlalu banyak asupan makanan atau minuman yang mengandung gula dan kafein.

7. Menjaga kesehatan tubuh dengan baik

Sangat penting bagi Bunda dan pasangan yang sedang dalam program hamil untuk menerapkan hidup sehat. Caranya adalah dengan menjaga berat badan tetap normal, rutin berolahraga ringan, jangan mengkonsumsi alkohol, dan berhentilah merokok. (PK)

Simak juga video berikut mengenai kisah Natta Reza dan Wardah Maulina yang sukses program bayi tabung.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!