sign up SIGN UP search


kehamilan

Minum Pil KB saat Menstruasi, Aman Enggak ya Bun?

Meita Fajriana Rabu, 08 Sep 2021 14:53 WIB
FAKTOR RISIKO YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN
Young happy smiling mixed race woman sitting on a sofa at living room, holding glass of pure water, taking daily vitamin d, c complex, supplements for hair, skin and nail strengthen, healthcare concept. caption

Selain memiliki manfaat, memulai minum pil KB di tengah siklus menstruasi tentu juga memiliki efek samping yang dapat muncul. Salah satunya pendarahan yang tidak teratur. 

"Jika melakukannya, Anda pasti akan tidak sinkron dengan paket pil dan mengalami pendarahan yang tidak teratur,"  kata Sherry Ross MD, dokter kandungan dan pakar kesehatan wanita di Los Angeles dikutip dari laman Healthline, Senin (30/8). 

Memutuskan kapan harus mulai minum pil KB sebagian besar tergantung pada preferensi pribadi dan jenis pil. Bunda yang memulai pil selama 5 hari pertama dari awal periode mereka harus memiliki perlindungan segera terhadap kehamilan.


Sementara itu, Bunda yang memilih untuk memulai pil pada pertengahan siklus harus menggunakan kontrasepsi cadangan setidaknya selama 7 hari jika menggunakan pil kombinasi dan setidaknya 2 hari jika menggunakan pil mini.

Untuk berjaga-jaga, Bunda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan bentuk lain dari alat kontrasepsi selama bulan pertama menggunakan salah satu jenis pil KB.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!