sign up SIGN UP search


kehamilan

Pil KB Dapat Memancing Haid, Benarkah Bun?

Meita Fajriana   |   Haibunda Senin, 24 Jan 2022 11:44 WIB
Young beautiful woman holding menstruation calendar at home cover mouth with hand shocked with shame for mistake, expression of fear, scared in silence, secret concept caption

Jakarta - Karena sebuah kondisi, ada beberapa Bunda yang ingin menstruasi tiba sebelum acara penting, entah itu karena keperluan pekerjaan ataupun rencana traveling.

Ada beberapa hal yang bisa Bunda coba untuk membuat menstruasi datang lebih cepat. Salah satunya dengan menggunakan pil KB untuk memancing haid Bunda. 

Melansir dari laman Medical News Today, sebenarnya tidak ada cara yang pasti untuk membuat menstruasi tiba dengan segera. Namun, berdasarkan pengalaman para Bunda, ditemukan bahwa melakukan olahraga, mencoba metode relaksasi, atau mengalami orgasme dapat membuat menstruasi sedikit lebih cepat. 


Selain itu Bunda juga dapat mengontrol siklus haid dengan menggunakan kontrasepsi hormonal tertentu atau dikenal dengan pil KB.  Ada juga cara alami yang dilakukan para Bunda lainnya untuk menginduksi menstruasi, seperti makan nanas atau fenugreek, tetapi tidak ada bukti ilmiah untuk hal ini ya Bunda. 

Pil KB untuk memancing haid

Satu-satunya metode yang dapat diandalkan untuk mengubah siklus menstruasi adalah dengan menggunakan kontrasepsi hormonal atau pil KB. Namun, diet, olahraga, dan pengurangan stres juga dapat membantu Bunda. 

Tidak ada cara untuk menginduksi periode haid pertama kalinya. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), menstruasi pertama seseorang biasanya akan tiba antara usia 12 dan 13 tahun. ACOG juga memperkirakan bahwa 98 persen wanita akan mengalami menstruasi pada saat mereka berusia 15 tahun.

Banner Cerita Dokter Diselingkuhi

Cara kerja pil KB untuk memancing haid

Menggunakan kontrasepsi hormonal, seperti pil KB atau cincin, adalah satu-satunya metode yang dapat diandalkan untuk mengendalikan siklus menstruasi. Pil kombinasi, yang mengandung estrogen dan progestin, adalah metode yang paling efektif untuk mengontrol menstruasi. 

Ketika Bunda meminum pil hormonal selama 21 hari, kemudian berhenti meminumnya atau meminum pil dummy selama 7 hari. Bunda biasanya akan mengalami menstruasi dalam 7 hari ini. Begitu juga ketika Bunda berhenti minum pil hormonal lebih awal biasanya haidnya akan datang lebih awal Bunda. 

"Harus diketahui bahwa jika Anda tidak meminum pil KB seperti yang diresepkan dokter, untuk memancing datangnya haid, ini akan kurang dapat diandalkan dalam hal mencegah kehamilan," kata Debra Sullivan perawat ahli kandungan dan anak yang berbasis di Amerika Serikat dikutip dari laman Healthline, Kamis (20/1). 

Simak penjelasan lain di halaman berikutnya ya Bunda.

Simak juga video tentang mengapa pil KB harus diminum setiap hari.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA LAIN UNTUK MEMANCING HAID
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!