sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Ciri-ciri Pil KB Tidak Cocok, Waspada Menstruasi dengan Darah Berlebih

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 10 May 2022 07:00 WIB
Close up hand contraceptive pill and condom on with colorful pills strips. Contraception reduces childbirth and pregnant concept. caption
Jakarta -

Menggunakan KB menjadi salah satu cara untuk menunda kehamilan yang dianjurkan bagi mereka yang sedang merencanakan keluarga penuh perencanaan. Tentu saja banyak sekali alasan ketika akan menunda kehamilan, misalnya seperti kondisi finansial yang belum stabil, mental yang belum kuat, atau bisa juga karena alasan pekerjaan.

Tidak ada yang salah dalam menunda kehamilan kok, Bun. Karena memang nantinya ketika memiliki anak, seseorang akan dituntut untuk bertanggung jawab dari segala sisi. Termasuk sandang, pangan, papan, bahkan saat ini sudah masuk ke pemenuhan kebutuhan tersier.

Salah satu cara untuk mengatur dan menunda kehamilan adalah dengan penggunaan Pil KB. Meski terbukti ampuh, terkadang ada beberapa ciri-ciri Pil KB yang tidak cocok dengan tubuh Bunda. Berikut adalah ciri-ciri yang harus Bunda ketahui dan wajib diwaspadai:


Banner Penyebab Janin Menangis dalam KandunganBanner Penyebab Janin Menangis dalam Kandungan/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Ciri-ciri pil KB tidak cocok

Pil KBPil KB/ Foto: iStock

1. Terus-terusan merasa mual

Apabila setelah mengonsumsi Pil KB Bunda terus-terusan merasa mual, hal ini bisa menjadi ciri-ciri bahwa Pil KB tidak cocok. Tentu saja perasaan mual ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat Bunda tidak nyaman.

Mual menjadi salah satu ciri-ciri ketika akan mendapatkan menstruasi, tetapi apabila Bunda terus merasakan ini maka sudah saatnya berkonsultasi dengan dokter kandungan atau Bidan. Konsultasikan alat KB lain yang lebih cocok Bunda gunakan dan tetap bisa merasa nyaman.

2. Mood yang tidak stabil

Apakah Bunda merasakan mood yang tidak stabil (mood swing)? Terkadang mudah merasa senang dan berubah menjadi sendu tanpa alasan?

Selain sebagai tanda-tanda akan datangnya menstruasi, hal ini bisa juga menjadi ciri-ciri pil KB yang tidak cocok. Apabila hal ini terjadi dalam waktu yang lama, walaupun menstruasi Bunda sudah berakhir, maka hal ini bisa menjadi ciri-ciri kuat untuk berkonsultasi kepada dokter mengenai KB yang Bunda gunakan.

Masalah mood ini jangan dikecilkan ya, Bun karena mood swing akan sangat memengaruhi orang-orang di sekitar Bunda. Terutama untuk para kesayangan Bunda di rumah.

3. Sakit kepala hingga mengganggu aktivitas

Bunda jarang mengalami sakit kepala tapi setelah menggunakan Pil KB malah merasakan sakit kepala yang sangat mengganggu? Nah, ini juga menjadi indikasi yang bisa mengarah dalam ciri-ciri pil KB yang tidak cocok.

Memang sih sakit kepala banyak disebabkan oleh beberapa hal seperti kebiasaan dalam gaya hidup, waktu tidur, dan stress management yang buruk. Tapi, bila Bunda sudah menerapkan pola hidup sehat serta minim stres, dan tetap merasakan sakit kepala, maka sudah saatnya Bunda berkonsultasi dengan dokter kandungan atau pun Bidan.

4. Menstruasi yang lebih dari biasanya

Menstruasi yang lebih banyak dan lebih lama dibandingkan biasanya juga menjadi hal yang harus Bunda waspadai karena terkait dengan ketidakcocokan menggunakan pil KB. Ciri-ciri pil KB tidak cocok bisa juga bisa Bunda tandai dengan periode dan volume menstruasi yang lebih banyak dibandingkan biasanya.

Begitulah empat gejala dari ciri-ciri pil KB yang tidak cocok dengan tubuh Bunda. Apabila Bunda masih ragu dengan gejala-gejala tersebut, silakan temui dokter kandungan Bunda atau pun Bidan ya. Semoga sehat selalu, Bunda. (PK)

Simak juga video berikut mengenai lima cara aman menunda kehamilan yang aman.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!