sign up SIGN UP search


kehamilan

6 Pilihan Program KB Paling Sesuai untuk Busui agar Tak 'Kebobolan'

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 31 Aug 2021 18:30 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Jakarta - Usai melahirkan dan lanjut menyusui, tidak sedikit Bunda yang belum menemukan program KB yang cocok. Maka itu, tak sedikit pula Bunda yang menjadikan proses menyusui sebagai KB alami yang efektif. Namun, pada akhirnya tak sedikit yang berujung 'kebobolan'.

Kondisi tersebut memang sudah biasa kita temui ya. Sebagian busui memang merasa khawatir KB akan mengganggu proses menyusui, sedangkan yang lain masih belum menemukan KB yang cocok untuk busui sehingga menunda sementara proteksi kehamilan.

Berbicara mengenai KB yang bagus untuk busui, memang tidak mudah menemukan yang pas untuk setiap individu ya, Bunda. Sebab, setiap ibu memiliki kecocokan masing-masing baik dari KB secara hormonal maupun nonhormonal.


Meski demikian, sebaiknya Bunda tetap melakukan program KB dalam upaya pengendalian kehamilan yang dapat diandalkan. "Karena, lactational amenorrhea method (LAM) atau metode amenore laktasi untuk menunda kehamilan secara alami bukanlah metode pengendalian kelahiran yang dapat diandalkan," ujar Dr Emma Sim, Unit Leader di Witkoppen Clinic, seperti dikutip dari laman Parent24.

"Banyak yang percaya dengan metode ini, tetapi kurang dari 2 persen efektif sebagai metode kontrasepsi dan tidak dianjurkan. Ini bukanlah metode yang aman karena Bunda bisa berovulasi sebelum menstruasi," katanya.

Banner resep Rp200 ribuBanner resep Rp200 ribu/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Melansir Plannedparenthood, jika Bunda sedang mencari alat KB yang bagus untuk busui, beberapa metode KB bisa menjadi pilihan secara aman dan efektif ya, Bunda. Pilihannya yakni:

  1. Kondom
  2. Pil KB
  3. IUD (intrauterine device)/KB spiral
  4. Suntik
  5. KB implan
  6. Vasektomi dan tubektomi (KB permanen)

Dr Sim menambahkan bahwa penggunaan implan memiliki efektivitas lebih dari 90 persen, suntik sekitar 80 persen, dan kontrasepsi oral kombinasi sekira 91 persen jika diminum secara konsisten setiap hari.

Bunda dapat menggunakan suntikan, implan, AKDR, dan beberapa jenis pil KB segera setelah melahirkan. Atau, Bunda juga bisa mendapatkan implan atau IUD di rumah sakit saat pemeriksaan pascapersalinan. Implan atau IUD sangat efektif dan mencegah kehamilan selama beberapa tahun.

Setelah metode tersebut diterapkan, Bunda pun tidak perlu melakukan apa pun (seperti untuk minum pil) agar terlindungi dari kehamilan. Karenanya, metode ini sangat berguna untuk orang tua baru yang sibuk.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang cara KB sistem hitung kalender di bawah ini ya Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]



KONTRASEPSI AMAN UNTUK IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!