sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Ucapan yang Tak Boleh Dikatakan pada Ibu yang Baru Melahirkan

Annisa Karnesyia Rabu, 01 Sep 2021 17:01 WIB
Ibu Baru caption
Jakarta -

Perjalanan menjadi seorang ibu dimulai setelah melahirkan. Kebanyakan Bunda yang baru melahirkan akan mengalami perubahan hormon, sehingga menjadi mudah sensitif.

Kondisi kesehatan mental dan fisik perlu dijaga usai melahirkan agar tak berdampak pada peran Bunda sebagai ibu. Jangan sampai Bunda mengalami baby blues hingga derpresi pasca persalinan ya.

Salah satu cara untuk menguatkan mental usai melahirkan adalah dukungan. Kehadiran keluarga, teman, dan suami, dapat menjadi penawar rasa lelah mengurus buah hati.


Bagi ibu baru, dukungan sosial dari sekitar begitu dibutuhkan. Menurut Darcia Narvaez, Ph.D., meskipun menjadi ibu baru adalah pengalaman menyenangkan, tapi merawat anak dan memulihkan diri secara fisik setelah melahirkan dapat menguras emosi.

Banner resep Rp200 ribu

"Tapi semua itu akan terbayar dengan adanya komunitas yang mendukung, mencintai, dan mungkin memberinya energi yang dibutuhkan untuk menjadi ibu yang lebih baik," kata Narvaez yang menjabat Professor Emerita di Department Psikologi di University of Notre Dame, dilansir Psychology Today.

Ada banyak sekali penelitian yang menunjukkan tentang pentingnya dukungan sosial untuk mengatasi stres. Sebuah penelitian di University of Chicago mengumpulkan informasi dari 66 penelitian berbeda dan menyimpulkan temuan baru.

Dijelaskan bahwa dukungan sosial dapat membantu seseorang mengelola stresnya. Jika Bunda tahu bahwa Bunda memiliki orang untuk diajak bicara atau untuk meminta bantuan di masa-masa sulit, Bunda akan merasa lebih siap menghadapi tantangan tanpa kehabisan tenaga.

Studi ini juga menemukan bahwa peristiwa yang menyebabkan stres cenderung menurunkan jumlah dukungan sosial yang diterima seseorang. Sebab, pengalaman yang membuat stres menimbulkan reaksi alami kita untuk menarik diri dari sebuah hubungan.

"Orang tua mungkin kewalahan dengan tugasnya dan jarang menghabiskan waktu dengan teman atau keluarga. Tapi, justru inilah yang seharusnya tidak mereka lakukan," ujar Narvaez.

"Semakin banyak orang tua dan bayinya mendapatkan dukungan sosial yang penuh kasih, bayi akan tumbuh menjadi lebih sehat dan bahagia."

Dukungan sosial bisa diberikan dengan tidak berkata buruk ke ibu yang baru melahirkan. Ucapan yang buruk bisa saja membuat ibu baru menjadi cemas karena perasaan sensitif usai melahirkan.

Nah, ada 5 kalimat yang sebaiknya tidak Bunda ucapkan kepada seorang ibu yang baru melahirkan nih. Apa saja ya?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Simak juga potret bahagia kelahiran anak pertama Dinda Hauw, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!