sign up SIGN UP search


kehamilan

Pentingnya Support System agar Bunda dan Ayah Senantiasa Pede pasca Kelahiran Si Kecil

Khesedtov Bana   |   Haibunda Kamis, 16 Jun 2022 09:50 WIB
In the Hospital Midwife Gives Newborn Baby to a Mother to Hold, Supportive Father Lovingly Hugging Baby and Wife. Happy Family in the Modern Delivery Ward. caption

Setelah melahirkan, ada banyak sekali perubahan yang harus Bunda alami, secara fisik maupun psikis. Perubahan ini kerap kali tidak disadari oleh pasangan dan malah menjadi pergulatan bagi Bunda sendiri.

Padahal perubahan tanggung jawab secara emosional dan finansial menjadi tugas Bunda dan Ayah. Perubahan-perubahan ini bisa menjadi pencetus Bunda dan Ayah alami stres lho. Tak sedikit pula ibu baru yang harus alami postpartum depression dan baby blues.

Menurut psikolog klinis dewasa dari Tiga Generasi, Alfath Hanifah Megawati atau yang akrab disapa Ega, setidaknya ada beberapa perubahan yang dialami oleh Bunda pasca melahirkan. 


Selain kondisi fisik yang belum pulih sepenuhnya karena hormon yang belum stabil,  Bunda secara pribadi akan merasakan bertambahnya beban dalam mengurus anak, mengalami kelelahan lantaran kurang tidur atau makan yang tidak teratur.

Semua itu tentu akan membuat Bunda kurang fokus dalam melakukan hal lain seperti merawat diri hingga menjaga kualitas hubungan dengan pasangan.

Tak hanya perubahan bagi Bunda, Ega menerangkan suami juga akan merasakan perubahan pada kebutuhan finansial menjadi tanggung jawab baru yang dapat memicu stress.

Suami juga perlu penyesuaian sebagai support system dalam mengasuh anak. Perasaan kasihan terhadap istri, merasa lelah atau tertekan pada situasi dan tanggung jawab yang bertambah, bahkan merasa terasing menjadi tantangan emosional yang harus dihadapi suami.

Perubahan-perubahan yang kerap kali disepelekan ini bisa memengaruhi hubungan intim pasangan suami - istri. Menurunnya gairah seks, hingga ketidakterbukaan antara satu sama lain dapat merubah hubungan jika berjalan dalam jangka panjang.

“Proses penyesuaian ini jika tidak dibarengin dengan kemampuan komunikasi yang baik, keterbukaan, dan empati akan berdampak negatif bagi relasi suami istri. Salah satunya dalam hubungan seksual. Istri yang kelelahan dan terfokus pada anak, bisa mengalami penurunan gairah seks. Demikian dengan suami, juga bisa mengalami penurunan gairah seks atau tetap punya gairah seks tapi tidak terbuka kepada istrinya perihal gairah ini,” terang Ega saat dihubungi HaiBunda pada (07/06).

Dengan kehadiran buah hati, membuat seluruh fokus prioritas Bunda secara otomatis diberikan untuk Si Kecil. Hal ini membuat Bunda menjadi mengesampingkan hal-hal lainnya, seperti memberi waktu bagi diri sendiri untuk sekedar menikmati makan atau istirahat.

Simak pentingnya support system baik untuk Bunda maupun Ayah setelah kehadiran Si Kecil di halaman selanjutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 6 drama hidup yang mungkin akan dihadapi pasca melahirkan.

[Gambas:Video Haibunda]



PENTINGNYA SUPPORT SOCIAL UNTUK BUNDA DAN AYAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!