sign up SIGN UP search


kehamilan

10 Perubahan Ini Menandakan Kehamilan Berjalan dengan Baik di Trimester Pertama

Amira Salsabila   |   Haibunda Rabu, 12 Jan 2022 07:12 WIB
Smiling lovely Ilustrasi hamil trimester 1/Foto: Getty Images/iStockphoto/DeanDrobot

Jakarta - Ketika menjalani proses kehamilan, Bunda tentunya akan merasa adanya berbagai perubahan pada tubuh. Perubahan kehamilan tentunya memang berbeda pada setiap wanita.

Lalu bagaimana caranya untuk mengetahui apakah perubahan yang Bunda rasakan selama trimester satu merupakan hal yang wajar dan sudah semestinya? Yuk kita cek.

Apa itu trimester pertama kehamilan?

Trimester pertama adalah fase awal kehamilan. Ini dimulai pada hari pertama menstruasi terakhir Bunda, dan berlangsung hingga akhir minggu ke-13. Ini adalah waktu antisipasi besar dan perubahan cepat untuk Bunda dan Si Kecil.


Tanda kehamilan pada trimester pertama

Berikut ini adalah tanda kehamilan Bunda berjalan dengan baik pada trimester pertama :

1. Bunda merasa lelah

Selama trimester pertama Bunda akan merasa lelah, banyak orang lain yang mungkin merasakan hal yang sama pada trimester ini. “Ada sejumlah perubahan metabolisme yang terjadi dan ibu akan membutuhkan lebih banyak istirahat,” kata Dr Delisa Skeete Henry, MD, OB-GYN, dikutip dari Romper.

Tubuh Bunda bekerja keras untuk mendukung janin yang sedang tumbuh. Itu berarti Bunda akan lebih mudah lelah daripada biasanya. Tidur siang atau istirahat saja ya bila perlu di siang hari.

Pastikan Bunda mendapatkan cukup zat besi. Bila kekurangan dapat menyebabkan anemia yang dapat membuat Bunda semakin lelah.

2. Bunda mengalami sakit maag

Ada sejumlah gejala yang mungkin Bunda alami selama beberapa minggu pertama kehamilan dan banyak gejala yang dapat dijelaskan dengan peningkatan progesteron selama trimester pertama.

“Normal dan diharapkan pada awal kehamilan baru sebagai akibat dari perubahan hormonal normal dan mengonsumsi vitamin prenatal,” kata Dr. Sherry Ross, MD, OB/GYN, dikutip dari Romper.

Banner 7 Meja Makan TerbaikBanner 7 Meja Makan Terbaik/ Foto: HaiBunda/Mia

3. Payudara Bunda mulai membesar dan terasa sakit

Payudara sakit adalah salah satu tanda awal kehamilan. Mereka dipicu oleh perubahan hormonal yang membuat saluran susu Bunda siap untuk memberi makan Si Kecil.

“Progesteron meningkat selama trimester pertama sehingga payudara ibu terasa lebih lembek dan sensitif,” kata Dr. Delisa Skeete Henry, MD, OB-GYN, dikutip dari Romper.

Payudara Bunda mungkin akan terasa sakit selama trimester pertama. Menaikkan ukuran bra atau lebih dan mengenakan bra penyangga dapat membantu Bunda merasa lebih nyaman. Bunda mungkin tidak akan kembali ke ukuran bra biasa sampai Si Kecil selesai menyusu.

Klik halaman selanjutnya ya Bunda.

Simak juga video tentang 3 manfaat musik klasik untuk Bunda hamil di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
TANDA-TANDA TRIMESTER PERTAMA KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!