sign up SIGN UP search


kehamilan

Cek Kehamilan Bisa dengan Meraba Perut, Mitos atau Fakta Bun?

Meita Fajriana Selasa, 01 Jun 2021 12:37 WIB
Pregnant woman sitting on couch and holding her abdomen caption

Jakarta - Bagi Bunda yang sedang menantikan kehadiran buah hati, tentu akan mendebarkan setiap terlambat datang bulan. Biasanya, para Bunda akan langsung mengecek sendiri di rumah menggunakan test pack.

Namun, banyak opini yang mengungkapkan bahwa ternyata Bunda bisa nih mengetahui tanda kehamilan sebelum melakukan tes mandiri ini. Caranya adalah dengan meraba perut. Bagaimana bisa? Mitos atau Faktaya? 

Melansir dari laman WeHaveKids, rasa sakit di perut bagian bawah atau merasa perut keras, bengkak, atau lebih berat, bukanlah tanda awal kehamilan lho Bunda. Saat disentuh, perut Bunda tidak akan menunjukkan tanda-tanda kehamilan yang nyata sampai nanti, tergantung pada tipe tubuh spesifik Bunda. 


Saat hamil anak pertama biasanya tanda kehamilan dilihat dari perut baru muncul dua puluh minggu atau setelahnya. Sementara Bunda yang sudah pernah hamil akan mulai muncul lebih awal.

Dibandingkan hanya dengan meraba perut, sebenarnya tanda-tanda kehamilan bisa dirasakan dari perubahan tubuh yang mulai muncul lho. Bunda bisa merasakan kondisi tertentu pada perut sebagai tanda awal kehamilan. Secara umum, Bunda akan mengalami beberapa jenis nyeri di perut bagian bawah pada awal kehamilan. 

Seperti apa saja tanda-tanda kehamilan pada perut Bunda? Berikut penjelasannya. 

1. Mual: biasanya terjadi antara dua hingga delapan minggu setelah pembuahan.

2. Kram: kondisi ini bisa terasa mirip dengan kram pra-menstruasi dan bisa menjadi tanda implantasi. 

3. Kembung dan ketidaknyamanan perut: rasanya mirip dengan gejala menstruasi. 

Gejala kehamilan secara pasti, bisa dilihat dalam usia berapa minggu ya, Bun? Untuk informasi lebih lengkap buka di halaman selanjutnya yuk!

Simak juga nih, Bunda,ciri kehamilan yang jarang disadari. Buka video di bawah ya:

[Gambas:Video Haibunda]



KAPAN BUNDA BISA MERASAKAN TANDA KEHAMILAN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi