sign up SIGN UP search


kehamilan

Ciri Hamil Anak Laki-laki Menurut Islam, Benarkah Ada Bun?

Kinan Jumat, 10 Sep 2021 18:55 WIB
Cheerful Pregnant Muslim Lady In Hijab Posing Embracing Belly Sitting On Couch At Home. Young Arab Mom's Portrait, Awaiting Baby. Pregnancy Happiness And Childbirth Concept caption
Jakarta -

Saat hamil, mengetahui apa jenis kelamin bayi kerap menjadi keinginan para pasutri. Dengan begitu, berbagai persiapan seperti memilih warna baju dan perabotan pun bisa dilakukan. Nah, benarkah ada ciri hamil anak laki-laki menurut Islam?

Sejauh ini, belum ditemukan ada literatur yang menjelaskan secara gamblang apa saja ciri hamil anak laki-laki menurut Islam. Secara medis pun, ciri hamil anak laki-laki masih belum bisa dipastikan keakuratannya.

Ciri hamil anak laki-laki secara umum

Meskipun literatur tentang ciri hamil anak laki-laki menurut Islam belum ada, namun ada beberapa ciri khas secara umum yang banyak dipercaya. Dilansir What to Expect, beberapa di antaranya yaitu:


1. Nafsu makan meningkat

Sebuah studi melacak pola makan responden yang merupakan bunda hamil. Ditemukan bahwa wanita yang hamil anak laki-laki makan sekitar 10 persen lebih banyak kalori, daripada mereka yang hamil anak perempuan.

Mengapa nafsu makan lebih besar? Para peneliti menduga testosteron yang diproduksi oleh janin laki-laki dapat mengirimkan sinyal kepada Bunda untuk makan lebih banyak. 

Teori ini diduga kuat juga menjadi penyebab mengapa bayi laki-laki cenderung memiliki berat badan lebih besar saat lahir daripada bayi perempuan.

2. Mendadak tidak doyan makanan favorit

Jika sebelumnya Bunda senang makanan tertentu, kemudian saat hamil makanan tersebut justru memicu mual, para peneliti mengatakan bahwa ini kemungkinan disebabkan oleh ciri hamil anak laki-laki.

Perubahan ini sering dikaitkan dengan cara sistem imun bunda menyusui, terutama saat sedang mencoba melindungi janinnya yang sedang tumbuh. Rasa mual, kata para peneliti, dirancang untuk melindungi janin laki-laki yang sangat rentan.

Infografis Ciri HamilInfografis ciri-ciri hamil Foto: HaiBunda

3. Memiliki diagnosis diabetes gestasional

Beberapa penelitian menemukan bahwa ibu hamil dengan anak laki-laki lebih mungkin untuk mengalami diabetes gestasional. Ini merupakan suatu kondisi kehamilan yang ditandai dengan glukosa darah yang lebih tinggi dari biasanya.

Para peneliti masih belum menemukan alasan di balik mengapa janin laki-laki menyebabkan perubahan metabolisme terkait kehamilan.

4. Morning sickness yang parah

Dalam jurnal The Lancet, ditemukan bahwa salah satu ciri hamil anak laki-laki yang perlu dipahami yakni morning sickess parah. Lagi-lagi, terkait hal ini peneliti masih belum menemukan penyebabnya, Bunda.

5. Bentuk garis linea nigra

Dipercaya sejak lama bahwa wujud garis linea nigra sangat memengaruhi kehamilan dan bisa menjadi ciri hamil anak laki-laki yang mudah dikenali.

Jika linea nigra muncul di perut dengan bentuk terputus-putus alias tidak lurus, maka kemungkinan Bunda sedang mengandung anak laki-laki.

Pemeriksaan jenis kelamin bayi

Meski bukti-bukti ilmiah terkait ciri khas kehamilan dengan jenis kelamin tertentu masih minim, berikut cara yang dapat dilakukan untuk memeriksa jenis kelamin bayi secara medis.

1. Tes darah DNA sel

Dikutip dari Healthline, Bunda kini dapat melakukan tes darah DNA untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Pemeriksaan ini bahkan bisa mulai dilakukan mulai dari usia kehamilan sembilan minggu.

Tes DNA sel cukup efektif karena darah Bunda membawa jejak DNA bayi. Bunda akan diminta memberikan sampel darah, mengirimkannya ke lab, dan mendapatkan hasilnya dalam waktu sekitar 7 hingga 10 hari.

Tetapi mengungkapkan jenis kelamin bukanlah tujuan utama dari tes ini. Mereka sebenarnya adalah garis pertama pengujian untuk sindrom Down dan kondisi genetik lainnya.

Tes genetik lainnya

Tes genetik mirip dengan tes darah DNA sel, tetapi lebih invasif. Seperti tes DNA sel gratis, mereka dapat memberi tahu Bunda apa jenis kelamin bayi sedini mungkin.

CVS biasanya dilakukan antara minggu 10 dan 12. Amniosentesis dilakukan antara minggu 15 dan 18.

Jika hanya ingin mengetahui jenis kelamin bayi, Anda mungkin ingin melewatkan tes ini. Mereka memang membawa beberapa risiko keguguran. Mereka umumnya hanya direkomendasikan untuk wanita yang usia lebih tua, atau pasangan dengan riwayat keluarga dengan kondisi genetik tertentu.

Ultrasound (USG)

Bunda biasanya dapat mengetahui jenis kelamin bayi melalui USG. Tepatnya pada usia kehamilan 18 dan 20 minggu.

Dokter akan melihat gambar bayi di layar dan memeriksa alat kelamin untuk penanda berbeda, guna mengetahui apa jenis kelamin si Kecil.

Simak juga empat ciri Bunda sedang hamil anak kembar dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!