sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Sayuran Bagus untuk Ibu Hamil, Bisa Cegah Berat Badan Bayi Rendah

Meita Fajriana Jumat, 24 Sep 2021 09:05 WIB
Lebih baik sayuran mentah atau matang? caption

Jakarta - Apakah saat hamil nafsu makan Bunda melonjak? Bunda bisa mencoba untuk konsumsi lebih banyak sayuran selama hamil. Sayuran juga bisa jadi ide camilan untuk Bunda selama hamil lho.

Kandungan gizinya sangat baik untuk kesehatan Bunda dan menutrisi janin yang sedang berkembang Bunda. Nah, apa saja sayuran untuk ibu hamil? Simak terus penjelasannya ya Bunda. 

Bunda mungkin sering mendengarnya, makan makanan bergizi saat hamil sangat penting. Untuk itu, selain memenuhi kebutuhan protein, karbohidrat, lemak, dan cairan, Bunda juga butuh vitamin dan mineral yang banyak terkandung dalam sayur-sayuran Bunda. 


Melansir dari laman Parenting First, pola makan sehat yang kaya akan sayuran dapat membantu seperti beberapa hal berikut ini:

  1. Menghindari komplikasi diabetes gestasional.
  2. Kekurangan nutrisi saat hamil. Hal ini karena sayuran mengandung vitamin seperti beta karoten, Vitamin C dan asam folat, selain tentunya serat yang sangat dibutuhkan selama kehamilan.
  3. Makan sayuran juga membantu bayi mengembangkan berat badan lahir yang sehat.
  4. Mengurangi risiko anemia.
  5. Mengontrol tekanan darah.
  6. Menjaga kenaikan berat badan Bunda tetap sesuai. 

Untuk itu, yuk semangat untuk menutrisi Si Kecil di dalam perut ya Bunda dengan makan sayuran Bunda. Berikut sayuran untuk ibu hamil yang baik untuk Bunda konsumsi setiap hari dilansir dari laman Healthline dan WhattoExpect:

6 Sayuran yang Gampang Ditanam dalam Pot di RumahRekomendasi sayuran untuk bumil/ Foto: iStock

1. Brokoli dan sayuran hijau gelap

Bukan rahasia lagi brokoli dan sayuran hijau gelap lainnya, seperti kangkung dan bayam, mengandung begitu banyak nutrisi yang Bunda perlukan. Bahkan jika Bunda tidak suka memakannya, Bunda dapat mencampurkannya ke dalam semua jenis hidangan. Manfaatnya antara lain mengandung serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium yang sangat dibutuhkan tubuh saat hamil. 

Sayuran ini adalah sumber kebaikan untuk Bunda dan Si Kecil. Menambahkan porsi sayuran hijau adalah cara yang efisien untuk mengemas vitamin dan menangkis sembelit karena semua serat yang terkandung di dalamnya. Sayuran juga dikaitkan dengan penurunan risiko berat badan lahir rendah pada bayi.

Cobalah resep telur dadar kangkung atau campur bayam menjadi smoothie tambahkan pisang dan lemon, rasanya jauh lebih nikmat bahkan Bunda tidak akan tahu ada bayam di dalamnya.

Coba lihat rekomendasi sayuran lain di halaman selanjutnya yuk!

Simak juga, Bunda, buah yang sebaiknya dihindari ibu hamil dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



SAYURAN UNTUK IBU HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!