sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Cara Bedakan Sperma Subur dan Tidak untuk Meningkatkan Peluang Hamil

Meita Fajriana Jumat, 24 Sep 2021 15:11 WIB
Doctor during consultation held in his hand and shows patient anatomical model of male sperm. Counseling of men and couples about male infertility, sperm pathology, impossibility to get pregnant caption

Jakarta - Dalam menanti kehamilan, pernah terpikir untuk mengecek kesuburan sperma Ayah enggak nih, Bunda? Jika Bunda dan suami sedang menantikan buah hati, namun Bunda belum kunjung hamil, bukan hanya rahim Bunda yang perlu dilakukan pengecekan lho.

Coba lakukan tes sperma Ayah untuk menghitung peluang kehamilan. Sperma harus dalam keadaan subur ketika ingin hamil Bunda. Nah, bagaimana cara membedakan sperma subur dan tidak? 

Melansir dari laman Healthline, bicara tentang kesuburan sperma sangat sensitif ya Bunda. Selain berkaitan dengan hubungan intim, kesuburan sperma secara historis dikaitkan dengan konsep kejantanan pria. Hal ini membuat kesuburan sperma menjadi topik yang sensitif untuk dibicarakan. Tetapi bersikap proaktif tentang kesehatan sperma saat ini sangat penting untuk suksesnya kehamilan Bunda. 


Jadi kita bisa membedakan sperma subur dan tidak dengan melihat unsur-unsurnya. Berikut tiga unsur yang menandakan sperma sehat dilansir dari WebMD:

1. Kuantitas atau volume 

Jumlah sperma yang sehat adalah sekitar 15 juta atau lebih untuk setiap mililiter air mani. Semakin banyak yang dimiliki, semakin besar kemungkinan salah satu dari mereka akan berhasil melewati sistem reproduksi wanita dan bertemu dengan sel telur.

A sample of donor sperm and a doctors prescriptionIlustrasi tes sperma/ Foto: iStockphoto

2. Gerakan atau motilitas

Tidak setiap sperma bergerak secara efektif atau bahkan sama sekali tidak bergerak. Tetapi ini normal. Hanya sekitar 40 persen atau lebih dari mereka yang perlu bergerak agar dapat dikatakan subur, sehingga melakukan pembuahan dengan baik. 

3. Bentuk atau morfologi 

Sperma yang sehat memiliki kepala yang bulat dan ekor yang panjang dan kuat. Sperma yang bentuknya bagus lebih mungkin untuk mencapai sel telur. Bentuk sperma ini bisa dikendalikan dengan gaya hidup sehat. 

Seks, kesuburan, dan kehamilan adalah proses yang rumit, tergantung pada banyak faktor. Mencari tahu langkah-langkah untuk sperma yang sehat menjadi salah satu langkah kecil tapi positif untuk mendapatkan keturunan.

Simak juga ya, Bunda, bagaimana cara menjaga kualitas sperma ayah agar tetap subur di halaman selanjutnya!

Cari tahu juga cara meningkatkan sperma seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA AGAR SPERMA SUBUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!