sign up SIGN UP search

moms-life

Ini Bun, 7 Cara Perbanyak Sperma untuk Suami dan Cegah Infertilitas

Kinan Rabu, 14 Jul 2021 21:45 WIB
Salah satu peluang meningkatkan kesuburan suami yakni dengan menjaga jumlah dan kondisi sperma. Nah, bagaimana ya cara memperbanyak sperma? caption

Tingkat kesuburan seseorang mengacu pada kemampuannya untuk bereproduksi melalui hubungan seksual alami, tanpa bantuan medis. Bagi pria, infertilitas dapat dipengaruhi oleh kondisi dan kualitas spermanya, Bunda.

Jika Bunda dan suami sedang melaksanakan program hamil alami, menjaga kesehatan sperma menjadi salah satu faktor penting. Jumlah sperma, pergerakan dan bentuknya dapat menentukan peluang hamil.

Dilansir Healthline, agar kehamilan terjadi diperlukan satu sperma dan satu sel telur. Ketika seorang pria berejakulasi, kemungkinan satu sperma akan mencapai dan menanamkan dirinya ke dalam sel telur meningkat jika ada lebih banyak jumlah sperma dalam air mani.


Air mani normal mengandung 40 juta hingga 300 juta sperma per mililiter. Jumlah sperma dianggap rendah jika hanya 10 dan 20 juta sperma per mililiter. Apabila Bunda sudah mencoba program hamil alami lalu memutuskan untuk mencari bantuan medis, hal ini mungkin akan jadi salah satu concern pertama untuk kemudian diperiksa lebih lanjut.

Cara memperbanyak sperma yang sehat dan efektif

Pada beberapa kasus, kualitas sperma masih bisa ditingkatkan dengan sederet upaya memperbaiki gaya hidup dan pola hidup. Dengan gaya hidup dan pola hidup yang sehat, kesehatan sperma akan meningkat dan begitu pula peluang hamil alami dengan hubungan seksual. Yuk simak Bun, supaya bisa diterapkan suami!

1. Berolahraga secara teratur

Selain baik untuk kesehatan secara umum, berolahraga secara teratur juga dapat meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan kesuburan.

Studi menunjukkan bahwa pria yang berolahraga secara teratur memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi dan kualitas air mani yang lebih baik daripada pria yang malas olahraga. Bunda juga bisa ikut olahraga bersama untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Enggak ada ruginya, kan?

2. Konsumsi vitamin C secukupnya

Selain bermanfaat bagi peningkatan sistem kekebalan tubuh, beberapa bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen antioksidan, seperti vitamin C, juga dapat meningkatkan kesuburan.

Suplemen vitamin C secara signifikan meningkatkan jumlah dan mobilitas sperma, sekaligus mengurangi jumlah sel sperma yang cacat. Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu meningkatkan kesuburan pada pria tidak subur dengan stres oksidatif.

3. Hindari stres sebisa mungkin

Mungkin sulit untuk benar-benar menghindari stres, namun jika masalah sedang melanda ada baiknya untuk segera mencari kegiatan yang menyenangkan. 

Stres dapat mengurangi kepuasan seksual dan mengganggu kesuburan. Para peneliti percaya bahwa hormon kortisol yang diproduksi tubuh saat stres memengaruhi kesehatan kesuburan. 

Apa lagi ya cara memperbanyak sperma yang tepat dan efektif lainnya? Yuk Bunda intip jawabannya di halaman selanjutnya ini!

PENUHI NUTRISI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!