sign up SIGN UP search


kehamilan

11 Cara Cegah Asam Lambung Naik Saat Hamil, Bunda Perlu Tahu

Dewi Ratna Senin, 27 Sep 2021 14:39 WIB
Ilustrasi hamil muda atau trimester 1 caption

Tidak selalu, tapi beberapa dari Bunda pasti pernah mengalami asam lambung naik saat hamil. Saat merasa mulas, lower esophageal sphincter (LES) atau katup otot yang merupakan bagian dari pintu antara kerongkongan dan perut akan cukup rileks untuk memungkinkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Di masa kehamilan, perubahan hormon dapat membuah otot-otot di kerongkongan, termasuk LES, lebih sering rileks. Alhasil, jadi lebih banyak asam yang meresap kembali, terutama saat Bunda sedang berbaring atau setelah makan besar.

Mulas sebabkan asam lambung naik saat hamil

Kehamilan meningkatkan risiko mulas. Selama trimester pertama, otot-otot di kerongkongan Bunda akan mendorong makanan lebih lambat menuju perut Bunda. Perut pun membutuhkan waktu lebih lama untuk mengosongkan isinya. Hal ini baik karena ada lebih banyak waktu untuk menyerap nutrisi bagi janin, tapi ini juga yang jadi penyebab mulas.


Sedangkan di trimester ketiga, pertumbuhan janin dapat mendorong perut Bunda keluar dari posisi normalnya. Hal ini yang akhirnya menyebabkan rasa mulas. Seperti yang sudah disebutkan di awal, rasa mulas ini yang menjadi trigger asam lambung naik saat hamil.

Namun setiap bunda tentunya punya pengalaman yang berbeda dan tidak semua merasakan asam lambung naik saat hamil. Pada beberapa bunda bahkan tidak mengalami rasa mulas di masa kehamilannya. Ini tergantung dari banyak faktor, termasuk fisik, diet yang dilakukan, serta kebiasaan sehari-hari.

Infografis Cara Mengatasi Sakit Lambung Saat HamilInfografis Cara Mengatasi Sakit Lambung Saat Hamil/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Mencegah asam lambung naik saat hamil

Sebelum asam lambung naik saat hamil, Bunda bisa mencegahnya dengan berusaha menekan atau menghilangkan rasa mulas selama kehamilan ini. Dilansir dari Healthline, kebiasaan gaya hidup yang bisa mengurangi sakit maag juga bisa jadi metode yang paling aman untuk bunda dan bayi.

Nah, untuk mencegah mulas agar tidak terjadi asam lambung naik saat hamil, Bunda bisa ikuti beberapa sara berikut ini:

  1. Makan dalam porsi kecil lebih sering dan hindari minum saat makan. Bunda bisa minum air di jeda waktu makan sebagai gantinya.
  2. Makan perlahan dan kunyah setiap gigitan dengan saksama.
  3. Hindari makan beberapa jam sebelum tidur.
  4. Hindari makanan dan minuman yang memicu rasa mulas seperti cokelat, makanan berlemak, makanan pedas, makanan asam seperti buah jeruk dan bahan berbasis tomat, minuman soda, dan kafein.
  5. Tetap tegak setidaknya satu jam setelah makan. Atau Bunda juga bisa jalan santai untuk mendorong pencernaan.
  6. Kenakan pakaian yang nyaman, hindari baju ketat.
  7. Pertahankan berat badan yang sehat.
  8. Gunakan bantal untuk mengangkat tubuh bagian atas saat tidur.
  9. Tidurlah menghadap kiri, karena saat menghadap kanan perut akan lebih tinggi dari kerongkongan dan bisa menyebabkan mulas.
  10. Kunyah permen karet tanpa gula setelah makan. Air liur yang meningkat bisa menetralkan asam yang kembali ke kerongkongan.
  11. Makan yoghurt atau minum segelas susu untuk meredakan begitu gejala muncul.

Nah, Bunda bisa coba menerapkan 11 tips di atas untuk menghindari asam lambung naik saat kehamilan. Namun jika mulas sering datang dan cukup mengganggu, Bunda bisa segera konsultasi ke dokter untuk penanganan lebih tepat.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!