sign up SIGN UP search


kehamilan

8 Manfaat Buah Belimbing untuk Ibu Hamil, Bisa Jadi Imun Booster Bun

Annisa Karnesyia Senin, 27 Sep 2021 20:13 WIB
Buah Belimbing caption
Jakarta -

Buah belimbing bisa menjadi alternatif camilan sehat selama kehamilan lho, Bunda. Banyak manfaat buah belimbing untuk ibu hamil yang bisa menunjang kesehatan janin.

Dalam tabel nilai gizi seimbang yang dikutip laman Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), belimbing masuk adalah tabel jenis buah di panduan diet seimbang. Menurut tabel buah, satu porsi buah belimbing mengandung 80 kalori

Bentuk dan jenis belimbing cukup beragam. Di Indonesia, kita mengenal dua jenis belimbing, yakni belimbing berbentuk bintang besar dan belimbig wuluh yang bentuknya kecil.


Belimbing besar biasanya bisa langsung dikonsumsi kalau sudah matang atau berubah menjadi kuning. Sementara itu, belimbing wuluh lebih sering digunakan untuk bumbu masak karena rasanya yang asam, meski sudah matang.

Nutrisi buah belimbing

Manfaat buah belimbing untuk ibu hamil terletak pada kandungan nutrisinya, Bunda. Buah belimbing mengandung vitamin A, C. dan E yang bermanfaat untuk kesehatan selama hamil.

Selain itu, buah berwarna kuning kehijauan ini juga mengandung beragam mineral, seperti kalium, magnesium, sodium, kalsium, dan fosfor. Kandungan utama di buah ini yang cukup terkena adalah serat.

Melansir dari Medical News Today, buah belimbing mengandung serat makanan larut dan tidak larut. Serat larut dalam air akan membentuk zat seperti gel. Sedangkan serat tidak larut akan menciptakan gumpalan besar yang membantu makanan melewati saluran pencernaan dengan mudah.

Ibu hamilIlustrasu ibu hamil/ Foto: iStock

Manfaat buah belimbing untuk ibu hamil

Buah belimbing aman dikonsumsi selama hamil ya, Bunda. Namun, konsumsinya perlu dikonsultasikan ke dokter bila Bunda memiliki masalah di ginjal atau alergi.

"Buah belimbing mengandung neurotoksin yang dapat menyebabkan kerusakan otak bila tidak didetoksifikasi dengan baik oleh ginjal. Gejala toksisitas ini termasuk cegukan, kejang, bahkan kematian dalam kasus yang serius," kata ahli nutrisi kebugaran, Malia Frey, dilansir Very Well Fit.

Secara umum, kandungan vitamin dan mineral di buah belimbing baik dan dapat meningkatkan stamina selama hamil Kandungan air di buah ini juga bisa mencegah infeksi mulut.

Selain itu, berikut 8 manfaat buah belimbing untuk ibu hamil lainnya:

1. Imun booster

Menjaga daya tahan tubuh atau imunitas selama hamil sangat penting. Makan buah belimbing bisa menjadi alternatif alami untuk meningkatkan imunitas, Bunda.

Kandungan vitamin C yang tinggi di buah ini bisa memberikan asupan antioksidan yang cukup selama kehamilan. Antioksidan tak cuma menjadi imun booster, tapi juga efektif menghambat oksidasi dan melindungi tubuh dari radikal bebas

2. Menjaga kesehatan mata

Belimbing merupakan sumber alami vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Makan buah ini selama hamil tak hanya menyehatkan mata, tapi juga bisa melindunginya dari infeksi dan gangguan fungsi melihat.

Kandungan vitamin A ini juga bisa meningkatkan kekuatan penglihatan bagi sebagian besar Bunda hamil. Salah satu belimbing yang direkomendasikan adalah jenis belimbing wuluh.

3. Mengatasi masalah di saluran pencernaan

Gangguan pencernaan seperti sembelit atau konstipasi paling sering dialami selama kehamilan. Untuk mengatasinya, Bunda bisa makan belimbing ya.

Buah belimbing dipercaya bisa menyembuhkan beberapa masalah di saluran pencernaan secara efektif lho. Konsumsi buah ini bisa membantu mengobati diare, gangguan lambung, dan sembelit. Untuk memastikan keamanannya, Bunda perlu konsultasi ke dokter sebelum makan belimbing saat hamil ya.

4. Mengontrol kadar gula darah

Frey mengatakan bahwa buah-buahan segar seperti belimbing bermanfaat untuk manajemen diabetes. Serat dalam buah segar bisa memperlancar pencernaan makanan dan mencegah lonjakan gula darah yang cepat.

Selain itu, buah belimbing adalah makanan rendah kalori dan padat nutrisi yang bisa mengontrol kenaikan berat badan, Bunda. Buah ini juga dapat mencegah berkembangnya resistensi insulin dalam tubuh.

"Memasukkan buah belimbing dalam menu makan dapat membantu mengurangi risiko diabetes dan menjaga gula darah tetap terkendali," kata Frey.

5. Mengurangi tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi selama hamil bisa berisiko menyebabkan preeklampsia. Bunda perlu mengelola kenaikan tekanan darah agar tidak berakibat fatal dengan mengonsumsi belimbing.

Buah ini mengandung kalium yang sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi selama kehamilan. Tekanan darah juga bisa diminimalisir secara signifikan, sehingga bisa mencegah risiko stroke atau masalah yang berhubungan dengan jantung.

6. Melancarkan buang air kecil (BAK)

Belimbing mengandung air yang berperan sebagai efek diuretik. Sejak zaman dulu, buah ini dipercaya bisa melancarkan buang air kecil (BAK) dan mencegah infeksi saluran kemih (ISK), Bunda.

Untuk melancarkan fungsi saluran kemih selama hamil, Bunda bisa minum jus belimbing yang ditambahkan sedikit madu. Minumlah di antara waktu makan atau sebagai camilan sehat.

7. Mencegah kanker

Buah belimbing kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Kandungan antioksidan yang tinggi di buah ini sangat efektif melindungi tubuh dari perkembangan sel kanker selama kehamilan.

8. Mengatasi stres

Selama hamil, Bunda enggak boleh sampai stres karena pengaruh hormon yang berfluktuasi ya. Selain melakukan aktivitas positif, jangan lupa menjaga pola makan dengan konsumsi belimbing.

Buah belimbing bisa membatu mengatur hormon yang menyebabkan stres kehamilan. Selain itu, buah ini juga bisa mengurangi kram.

Simak juga 5 potret cantik Nagita Slavina saat hamil anak kedua, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!