sign up SIGN UP search


kehamilan

10 Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Simak Alasannya Juga Bun

Kinan Jumat, 27 Aug 2021 18:40 WIB
Ibu hamil makan semangka caption

Saat hamil, apa pun yang Bunda konsumsi dapat berdampak pada kesehatan diri sendiri dan janin. Jadi, hindari konsumsi jenis-jenis buah yang dilarang untuk ibu hamil, ya.

Ya, meski buah-buahan menjadi salah satu pilihan makanan sehat, namun beberapa jenis tertentu justru tidak aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. 

Jenis buah yang dilarang untuk ibu hamil

Nah, apa saja ragam buah yang dilarang untuk ibu hamil? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya:


1. Nanas

Nanas menjadi salah satu buah yang dilarang untuk ibu hamil. Sebab diyakini konsumsi nanas berlebihan dapat menyebabkan kontraksi rahim, yang pada gilirannya memicu keguguran.

Buah ini mengandung bromelain, enzim yang memecah protein. Komponen ini dapat melunakkan serviks dan dapat menyebabkan persalinan dini. 

2. Tamarin

Sensasi rasa asam memang menjadi sesuatu yang mungkin disukai oleh bunda hamil, terutama jika memiliki keluhan mual dan muntah. Maka dari itu, konsumsi tamarin atau asam Jawa pun kerap dianggap aman.

Tamarin memang kaya akan vitamin C, tetapi jika dikonsumsi terlalu banyak ini justru dapat menekan produksi progesteron dalam tubuh Bunda. Tingkat progesteron yang rendah dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan bahkan menyebabkan kerusakan sel pada janin. 

Perkembangan Janin Usia 2 BulanPerkembangan Janin Usia 2 Bulan/ Foto: Mia Kurnia Sari

3. Pepaya muda

Meskipun pepaya kaya akan nutrisi makro dan vitamin yang penting bagi tubuh, namun pepaya adalah salah satu buah yang dilarang untuk ibu hamil.

Pepaya muda dapat menyebabkan suhu tubuh naik, yang tidak baik bagi kesehatan kehamilan. Selain itu, buah ini juga kaya akan lateks yang dapat menyebabkan kontraksi rahim, pendarahan, dan bahkan keguguran.

4. Pisang

Meskipun konsumsi makan pisang selama kehamilan sering dianggap aman, dalam kasus tertentu buah ini harus dihindari. Salah satunya pada bunda hamil dengan diabetes gestasional. 

Pisang mengandung kitinase, zat mirip lateks yang dikenal sebagai alergen. Komponen ini juga meningkatkan panas tubuh. Jadi bunda hamil dengan riwayat alergi terhadap kitinase sebaiknya tidak mengonsumsi pisang. 

6 Hal Ini Bakal Terjadi Saat Kamu Berhenti Makan PisangBuah yang dilarang untuk ibu hamil/ Foto: iStock

5. Semangka

Semangka umumnya baik untuk tubuh manusia karena memungkinkan tubuh membuang semua racun dari tubuh dan mengembalikan hidrasi.

Tetapi makan semangka berlebihan selama kehamilan tidak dianjurkan. Dilansir Parenting First Cry, kandungan gula di dalam semangka dapat meningkatkan kadar glukosa darah.

Terkadang, sifat diuretik semangka juga dapat mengeluarkan nutrisi penting bersama dengan racun dari tubuh Bunda. 

6. Kurma

Kurma kaya akan vitamin dan nutrisi penting, tetapi wanita hamil sering disarankan untuk tidak mengonsumsi kurma.

Salah satu alasan utama kurma masuk dalam daftar buah yang dilarang untuk ibu hamil adalah dapat menyebabkan suhu tubuh naik dan memicu kontraksi rahim.

Jadi meskipun makan satu atau dua kurma per hari seharusnya tidak masalah, jumlah yang jauh lebih dari itu malah dapat menyebabkan komplikasi.

7. Buah berry beku

Wanita hamil sebaiknya menghindari konsumsi buah berry beku, atau buah apa pun yang telah dibekukan dalam waktu lama. Rasa dan nutrisi asli dalam buah berry hampir sudah hilang jika Bunda membekukannya.

Selain itu, konsumsinya juga bisa memicu masalah kesehatan bagi tubuh Bunda dan si Kecil. Lebih baik pilih konsumsi berry segar, ya. 

8. Tomat kalengan

Saat hamil, selalu merupakan ide yang baik untuk menghindari semua makanan kaleng karena mengandung pengawet dalam jumlah tinggi. Pengawet ini bisa menjadi racun bagi tubuh Bunda dan bayi, serta berisiko dapat menyebabkan komplikasi.

9. Anggur

Dikutip dari Times of India, anggur dikategorikan sebagai salah satu buah yang paling bergizi, tetapi banyak orang mempertanyakan efeknya pada wanita hamil. 

Sebab anggur mengandung banyak senyawa resveratrol pada kulitnya. Senyawa ini diketahui dapat berbahaya jika dikonsumsi berlebihan oleh bunda hamil. 

10. Persik

Buah yang dilarang untuk ibu hamil dan sebaiknya dihindari yakni buah persik atau peach. Konsumsi buah persik dalam jumlah terlalu banyak dapat menghasilkan panas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan pendarahan internal dan risiko keguguran.

Jika mau, Bunda bisa mengonsumsinya dalam jumlah cukup. Tapi ingat, hindari konsumsi kulitnya karena folikel kecil yang dimilikinya dapat menyebabkan iritasi di tenggorokan.

Demikian ulasan tentang ragam buah yang dilarang untuk ibu hamil. Ingat, mengatur porsi dan kualitas buah menjadi kunci penting dalam mengonsumsi apa pun selama hamil. Jika ragu, konsultasi dulu ke dokter sebelum mengonsumsi buah ya, Bunda.

Nah, selain itu simak juga buah yang bagus dikonsumsi ibu hamil dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!