sign up SIGN UP search

kehamilan

5 Alasan Natural Oil Baik untuk Menyamarkan Stretch Mark & Bekas Luka

Annisa A Kamis, 25 Nov 2021 19:07 WIB
Pipette with CBD cosmetic oil in female hands on a table background with cosmetics, cream with cannabis and hemp leaves, marijuana. Flat lay, top view. Ilustrasi Natural Oil / Foto: Getty Images/iStockphoto/IRA_EVVA
Jakarta -

Kesehatan dan kecantikan kulit menjadi hal yang penting bagi wanita. Sebagai perempuan, Bunda dihadapkan dengan masalah kulit yang berbeda dari laki-laki, seperti stretch mark dan bekas luka.

Dua masalah tersebut dapat muncul karena fase hamil dan melahirkan. Namun tidak hanya itu, stretch mark juga bisa muncul akibat faktor genetik, obesitas, dan pertumbuhan yang cepat di masa remaja.

"Stretch mark tak selalu dialami oleh perempuan hamil, namun sekitar 90 persen ibu hamil memiliki strech mark yang timbul akibat kulit yang tertarik secara cepat," kata dr Arini Widodo, Sp.KK, pakar dermatologist di peluncuran Bio-Oil Skincare Oil Natural, Kamis (25/11/21).


Tarikan kulit akibat perut yang membesar menyebabkan serat kolagen dan elastin pada kulit putus. Pada wanita hamil, stretch mark biasanya muncul di usia 6-7 bulan dan dapat berupa warna kemerahan, putih, atau cenderung hitam.

Sementara itu, bekas luka tidak hanya diperoleh dari operasi caesar usai melahirkan. Siapapun dapat mengalami bekas luka karena suatu kecelakaan. Bekas luka pada setiap orang juga bisa berbeda-beda tingkat keparahannya. Seringkali, bekas luka juga menyebabkan warna kulit jadi tidak merata.

"Ada yang bentuknya ke dalam, ada yang rata dengan kulit, dan ada yang menonjol. Kemudian ada juga bekas luka keloid, yang menonjol dan cenderung lebih besar dari bekas luka itu sendiri," paparnya.

Banner Resep Masakan Masak 10 MenitBanner Resep Masakan Masak 10 Menit/ Foto: HaiBunda

Salah satu komponen penting yang harus dimiliki oleh perawatan kecantikan Bunda dengan kedua masalah tersebut adalah natural oil. Apa sih, bedanya dengan minyak biasa?

Bunda, berikut ini 5 alasan mengapa natural oil bermanfaat untuk atasi stretch mark dan bekas luka:

1. Fungsi alami minyak

Natural oil memberikan fungsi alami minyak pada kulit tubuh. Seiring bertambahnya usia, kadar air dan minyak pada kulit dapat berkurang sehingga merusak skin barrier.

Ada tiga hal yang membedakan produk pelembap kulit. Produk dengan tipe humektan bersifat menarik air ke dalam kulit. Sementara itu, produk emolients mampu mengisi celah sel-sel kulit dengan air tersebut.

Nah, natural oil memiliki sifat oklusif yang mampu mencegah penguapan. Minyak alami akan mengunci air dan kelembapan alami kulit agar tidak mudah menguap dan menyebabkan kulit kering.

"Pelembap oklusif ini sebagian besar berupa minyak. Natural oil bisa dapat diambil dari tumbuhan (plant oil) ataupun hewan (animal oil). Akan tetapi, kita lebih sering pakai yang plant oil," kata Nurhayatini, Product Manager Bio-Oil Indonesia.

Natural oil memiliki keistimewaan karena punya banyak komponen bermanfaat di dalamnya. Baca di halaman berikutnya, Bunda.

Saksikan juga video tanda-tanda kulit Bunda tidak cocok dengan produk skincare.

[Gambas:Video Haibunda]

BANYAK KOMPONEN BERMANFAAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!