sign up SIGN UP search


kehamilan

8 Gejala yang Timbul saat Hamil 8 Bulan, Bunda Perlu Tahu

Dewi Ratna   |   Haibunda Sabtu, 06 Nov 2021 07:00 WIB
Ilustrasi senam hamil atau kehamilan caption

Bunda mungkin merasa sudah makin terbiasa menjalani hari ketika sudah hamil 8 bulan atau trimester 3. Bahkan mungkin Bunda sudah susah mengingat seperti apa rasanya saat tidak hamil. Tak sampai dua bulan lagi, Bunda bakal bertemu dengan Si Kecil nih.

Faktanya, hamil 8 bulan sangat berbeda dengan saat masih 7 bulan. Dilansir dari Healthline, berikut ini Haibunda merangkum serba-serbi tentang momen hamil 8 bulan, mulai dari apa gejalanya, perkembangannya, dan apa saja yang harus diwaspadai.

Kondisi bayi saat Bunda hamil 8 bulan

Secara umum, bayi memiliki panjang sekitar 46 cm dengan berat sekitar 2,27 kg. Bayi akan terus berkembang dan menghasilkan lemak tubuh. Mereka juga lebih sering menendang di bulan kedelapan ini.


Otak bayi berkembang pesat di momen ini. Mereka mulai bisa melihat dan mendengar. Sebagian besar sistem di bagian dalam tubuh berkembang dengan baik, tapi pada bagian paru-paru mungkin masih belum sempurna.

Gejala yang timbul saat hamil 8 Bulan

Bunda mungkin sudah terbiasa dengan rasa sakit dan nyeri. Namun ada beberapa gejala yang timbul saat hamil 8 bulan, seperti berikut ini:

1. Sesak napas

Saat tumbuh, rahim bisa menekan perut ke paru-paru dan membuat Bunda sulit bernapas. Bunda bisa berdiri atau duduk tegak bisa membantu Bunda menarik napas dalam-dalam saat membutuhkannya.

2. Sering buang air kecil

Saat bayi bergerak lebih ke bawah, mereka mungkin akan lebih banyak memberi tekanan pada kandung kemih Bunda. Hal ini yang menyebabkan Bunda jadi lebih sering keluar-masuk kamar mandi.

3. Tekanan panggul

Ini juga terjadi saat posisi Si Kecil turun lebih rendah di dalam perut. Bunda mungkin akan mulai merasakan tekanan di daerah panggul.

Ilustrasi suami pijat istri hamil yang sedang kontraksiIlustrasi hamil 8 bulan atau trimester 3/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

4. Kulit meregang

Saat perut Bunda terus membesar, biasanya stretch mark juga akan mulai muncul. Penggunaan losion dan krim secara teratur mungkin bisa menghindari atau mengurangi bekasnya.

5. Pembuluh mengembang

Peningkatan sirkulasi darah bisa menyebabkan pembuluh membesar yang mengakibatkan rasa gatal dan bahkan nyeri. Kondisi ini biasa disebut varises yang seringnya muncul di kaki.

6. Wasir

Varises yang terjadi di daerah dubur, biasa disebut wasir, juga bisa terjadi ketika Bunda hamil 8 bulan. Makan banyak serat dan tetap terhidrasi bisa membantu mencegahnya.

7. Pusing

Menghabiskan waktu untuk memastikan kadar gula dalam darah Bunda tetap terjaga, juga jadi keluhan umum yang bikin Bunda pusing di bulan kedelapan ini.

8. Kelelahan

Bunda tak hanya membawa tambahan berat dari Si Kecil, tapi semakin besar kadungan, semakin sulit juga untuk menemukan posisi yang nyaman untuk tidur nyenyak. Karenanya Bunda jadi cepat lelah.

Nah, itu tadi gejala umum yang mungkin Bunda rasakan saat hamil 8 bulan. Namun semua itu akan terbayar setelah sebulan kemudian akhirnya bertemu dengan Si Kecil.

Menjaga diri saat hamil 8 bulan

Sementara itu, dari sisi emosional, sangat normal jika bunda punya berbagai perasaan pada saat hamil 8 bulan ini atau di trimester 3 ini. Bunda akan dihadapkan pada dua perasaan antara senang bisa segera bertemu Si Kecil, atau merasa terbebani karena pikiran akan segera menjadi orang tua. Ingat ya Bunda, semua jenis emosi bulan ini adalah hal yang biasa.

Bunda bisa menghabiskan waktu bersama teman-teman, bahkan jika itu harus lewat video call. Atau mungkin Bunda memilih melakukan mani/pedi, mengingat perut Bunda sudah tidak bisa diajak kompromi untuk bisa membersihkan dan mempercantik kuku kaki selama masa kehamilan.

Untuk mengatasi perasaan yang kacau, Bunda juga bisa melakukan meditasi dan yoga prenatal yang akan membantu bersantai, lebih rileks, dan melepas lelah. Meluangkan waktu untuk bersantai dan memanjakan diri bisa mengembalikan semangat lho, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!