sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Manfaat Udang untuk Ibu Hamil, Bunda Perlu Tahu

Nanie Wardhani Rabu, 10 Nov 2021 19:25 WIB
Ilustrasi ibu hamil caption

Bunda saat ini sedang hamil dan tiba-tiba menginginkan hidangan udang yang lezat? Udang bawang putih mentega, kari udang, udang goreng saus, biryani udang, udang lada, daftarnya terus berlanjut.

Udang termasuk dalam kelompok makhluk laut krustasea dan rasanya enak ya Bunda. Namun, dengan banyak orang yang menderita reaksi alergi terhadap udang, orang jadi bertanya-tanya apakah makan udang aman bagi ibu hamil?

Amankah makan udang saat hamil?

Sementara beberapa makanan laut perlu dihindari selama kehamilan, udang umumnya aman jika diperoleh dari sumber yang tidak tercemar dan dimasak dengan matang. Namun, selama kehamilan, moderasi adalah kunci untuk setiap makanan yang Bunda tambahkan ke daftar menu makan.


Mengonsumsi udang secara berlebihan atau tidak mengikuti tindakan pencegahan tertentu saat mengonsumsi udang dapat menyebabkan efek buruk selama kehamilan. Jika ragu, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi makanan apa pun ya, Bunda.

Manfaat kesehatan makan udang

Selain lezat, udang dikemas dengan mineral dan vitamin yang penting untuk calon ibu lho, berikut beberapa manfaat makan udang bagi ibu hamil, dilansir dari Parenting First Cry.

1. Kaya akan protein

Udang adalah sumber protein yang sangat baik selama kehamilan. Makanan kaya protein membantu menstabilkan kadar gula darah dan menjaga diabetes gestasional. Karena rendah kalori dan kandungan lemak, udang akan membantu Bunda mendapatkan massa otot yang sehat. 

2. Kaya akan vitamin

Udang kaya akan vitamin D, Vitamin B12, zat besi, seng, kolin, yodium, tembaga, dan fosfor. Semua ini penting untuk meningkatkan kekebalan, fungsi tiroid, dan perkembangan otak, mereka juga membantu dalam perkembangan tulang dan gigi.

3. Kaya akan nutrisi lainnya

Udang mengandung nutrisi yang mudah diserap oleh tubuh kita dan penting bagi tubuh kita untuk melindungi dan menyembuhkan dirinya sendiri. Selenium adalah antioksidan yang membantu melawan kerusakan sel dan melindungi dari kanker tertentu. Asam amino membantu meregenerasi sel-sel baru dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Astaxanthin memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-penuaan. Udang kaya akan semua nutrisi ini.

Ilustrasi ibu hamil makan udangIlustrasi ibu hamil makan udang/ Foto: Getty Images/iStockphoto/MachineHeadz

4. Rendah kalori

Selama kehamilan, penting untuk menambah berat badan yang sehat dan mendapatkan nutrisi yang cukup. Udang rendah kalori dan dengan demikian, pilihan yang lebih sehat untuk menambah nutrisi tanpa mengonsumsi lemak yang tidak perlu. 

5. Kaya akan Omega 3

Asam lemak ini banyak ditemukan pada udang. Penelitian telah menunjukkan bahwa Omega 3 membantu dalam mengembangkan mata dan koneksi saraf pada janin.

Tips makan udang dengan aman selama kehamilan

Hanya karena udang aman untuk dimakan selama kehamilan tidak berarti tidak ada beberapa tindakan pencegahan keamanan. Berikut beberapa tindakan pencegahan keamanan makan udang saat hamil, seperti dilansir dari Healthline.

Agar aman, hindari makanan laut mentah sepenuhnya selama kehamilan. Kehamilan dapat mendatangkan malapetaka pada sistem kekebalan tubuh Bunda. Jadi, ketika Bunda makan makanan laut yang kurang matang, ada risiko terkena penyakit bawaan makanan — dan itu adalah hal terakhir yang ingin Bunda tangani selama kehamilan. Plus, hal ini bisa lebih berbahaya bagi bayi.

Oleh karena itu itu, hindari sushi mentah, sashimi, tiram, ceviche, dan jenis makanan laut mentah lainnya. Namun, ini mungkin tidak berarti Bunda harus mengucapkan selamat tinggal pada sushi sepenuhnya selama 9 bulan. Sebab, sebagian besar restoran sushi memiliki pilihan memasak yang mencakup udang goreng atau persiapan makanan laut aman lainnya.

Saat memesan makanan laut di restoran, selalu pastikan bahwa hidangan sudah matang sepenuhnya. Dan saat menyiapkan makanan laut Bunda di rumah, pastikan dimasak dengan matang dan memiliki suhu 62,8 Celsius. Pertimbangkan untuk membeli termometer makanan.

Juga, pastikan membeli ikan, udang, dan makanan laut lainnya dari toko kelontong dan pasar ikan yang memiliki reputasi baik. Hindari mengonsumsi ikan atau udang dari perairan yang tercemar.

Jadi bagaimana nih Bunda, makan malam nanti malam mau udang saus asam manis, atau udang goreng tepung? Selamat menikmati ya..

 

[Gambas:Video Haibunda]



 

 

(som/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!