sign up SIGN UP search


kehamilan

Jadi Pelupa setelah Melahirkan? Mungkin Bunda Mengalami Mommy Brain

Bella Barliana   |   Haibunda Jumat, 12 Nov 2021 15:06 WIB
TIPS MENGATASI MOMMY BRAIN, KONSUMSI MAKANAN BERGIZI HINGGA BUAT DAFTAR KEGIATAN
Ilustrasi ibu menyusui olahraga bersama bayi caption

Setelah mengetahui tentang mommy brain, Bunda mungkin bertanya-tanya adakah cara yang bisa membantu Bunda mengatasi kondisi ini? Tenang saja, ada beberapa tips yang bisa Bunda lakukan.

1. Tingkatkan kesehatan otak

Makanan yang dikonsumsi akan memberikan nutrisi pada tubuh seseorang. Oleh karena itu, Bunda perlu memakan makanan bergizi dan minum vitamin jika dibutuhkan.

Makanan seperti buah blueberry, brokoli, jeruk, kacang-kacangan, telur, teh hijau, atau cokelat hitam bisa menjadi pilihan Bunda. Apalagi, makanan yang menyehatkan otak ini juga membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan radang otak.


Asam lemak omega 3 dalam salmon atau vitamin prenatal juga dapat mendorong pertumbuhan sel-sel otak dan saraf yang diperlukan. Selain makanan, Bunda bisa melakukan kegiatan yang membuat otak aktif berpikir, seperti mengerjakan teka-teki silang atau bermain game strategi.

2. Gerakkan tubuh atau berolahraga

Daripada menghabiskan waktu dengan rebahan saja, akan lebih baik jika Bunda mengumpulkan energi untuk bergerak dan melakukan beberapa latihan fisik. Olahraga akan melepaskan hormon endorfin yang meningkatkan suasana hati, mengurangi kelelahan, dan membuat rileks secara keseluruhan.

Selain itu, olahraga dapat mempertajam ketajaman mental dengan mendapatkan lebih banyak aliran darah dan oksigen ke otak, serta meningkatkan produksi hormon yang mendorong pertumbuhan sel-sel otak.

3. Luangkan waktu untuk istirahat

Kurang tidur adalah faktor besar dalam kondisi otak yang mudah lupa. Otak Bunda perlu istirahat untuk memproses semua informasi baru yang diambilnya sepanjang hari. Jika tidak mendapatkan tidur yang cukup, Bunda akan semakin kesulitan dalam merawat Si Kecil, lho.

Tak perlu lama-lama, Bunda. Cukup tidur siang setiap hari selama 20 menit. Menurut National Sleep Foundation, 20 menit adalah durasi istirahat yang ideal untuk meningkatkan kewaspadaan dan kinerja secara keseluruhan.

4. Buatlah daftar perencanaan

Lupa adalah hal yang wajar bagi sebagian besar ibu yang mengalami mommy brain. Dilansir Very Well Family, cara terbaik untuk menghadapi kenyataan ini adalah dengan menuliskan banyak daftar kegiatan yang harus Bunda lakukan.

Bawalah kertas untuk mencatat segala hal, seperti jadwal penggantian popok dan pemberian ASI. Kemudian, daftar ini juga bisa digunakan ketika Bunda ingin berbelanja dengan mencatat semua kebutuhan.

Selain itu, Bunda juga bisa menggunakan ponsel untuk menyetel alarm ketika teringat untuk melakukan sesuatu.

Jadi, cepat lupa setelah melahirkan adalah bagian normal dan ternyata ada cara untuk mengatasinya, Bunda. Percayalah, bahwa otak Bunda tahu apa yang harus dilakukan dan sedang beradaptasi dengan peran baru serta membekali Bunda untuk menjadi ibu yang lebih baik.

(pri/pri)
kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!