kehamilan

Penyebab Mudah Lupa Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Maya Sofia Rabu, 12 Jun 2019 12:30 WIB
Penyebab Mudah Lupa Saat Hamil dan Cara Mengatasinya Mudah lupa adalah salah satu ciri-ciri hamil/ Foto: iStock
Jakarta - Mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang sama dua kali, ketinggalan kunci rumah, memasukkan remote TV ke dalam kulkas. Pernahkah Bunda mengalami sederet peristiwa di atas ketika hamil?

Mudah lupa saat hamil hal yang wajar ya, Bunda. Sebab mudah lupa merupakan salah satu ciri-ciri hamil. Mengutip detikcom, studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Bradford dan the University of Leeds menunjukkan bahwa ibu hamil memperoleh hasil 15 persen lebih buruk pada tes memori spasial terkait mengingat arah, atau di mana meletakkan barang-barang.

"Pelupa dan bergesernya perhatian adalah fenomena umum yang sering dilaporkan oleh ibu hamil, tapi ilmuwan belum dapat mengidentifikasi mekanisme tertentu dari gangguan memori yang terjadi tersebut," ujar pemimpin studi, Diane Farrar.


Studi yang kurang lebih sama juga dilakukan di Australia dan dimuat di Journal of Clinical and Experimental Neuropsychology. Dalam buku 30 Perubahan Tubuh Selama Hamil dijelaskan bahwa studi tersebut memperlihatkan, ibu hamil mengalami 'kemunduran' daya ingat.

Bahkan, masalah tersebut bisa berlangsung hingga setahun setelah melahirkan. Untuk menghindari peristiwa-peristiwa tak diinginkan, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan Bunda untuk mengatasi mudah lupa saat hamil.

Mudah lupa adalah salah satu ciri-ciri ibu hami. (Foto: Istock)


Beberapa langkah berikut bisa membantu mengatasi lupa saat hamil:

1. Kendalikan tekanan, kelelahan dan berbagai tekanan psikologi menjadi pemicu menurunnya daya ingat ibu hamil.

2. Relaksasi. Bersikap lebih santai sehingga pikiran dan tubuh lebih segar.

3. Lakukan olahraga ringan seperti jalan santai atau berenang bila kondisi memungkinkan.

4. Selain olahraga, konsumsi makanan bergizi seimbang.

5. Fokuskan pikiran.

Semoga membantu ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(som/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi