sign up SIGN UP search


kehamilan

Kehamilan Minggu ke-6: Masih Bolehkah Melakukan Hubungan Seksual?

Nanie Wardhani Senin, 15 Nov 2021 13:28 WIB
New parents enjoying pregnancy touching belly at home caption

Jakarta - Di usia kehamilan 6 minggu ini mungkin Bunda bertanya-tanya apakah boleh melakukan hubungan seksual bersama suami tercinta. Rasanya ingin tapi Bunda khawatir? Daripada ragu apakah berbahaya untuk janin atau enggak, simak penjelasan berikut ini ya Bunda.

Dikutip dari Web MD seks adalah bagian kehamilan yang alami dan normal. jika Bunda memiliki kehamilan yang normal, gerakan penetrasi dan hubungan intim tidak akan membahayakan Si Kecil yang dilindungi oleh perut dan dinding otot rahim. Si Kecil juga dilindungi oleh cairan kantong ketuban.

Jadi berhubungan seks saat hamil 6 minggu dapat dilakukan selama Bunda memiliki kehamilan yang sehat. Namun, jika ragu mengenai kondisi kesehatan kehamilan Bunda, ada baiknya berkonsultasi dulu ke dokter sebelum melakukan hubungan seksual.


Apakah normal mengalami kram selama atau setelah orgasme?

Jangan khawatir, Bunda. Dilansir dari What To Expect terasa sedikit kram saat Bunda mencapai klimaks bukanlah pertanda ada yang salah. Ketidaknyamanan yang tidak berbahaya ini disebabkan peningkatan aliran darah ke daerah panggul selama kehamilan, dikombinasikan dengan kemacetan yang biasa terjadi pada organ seksual saat berhubungan seks, dan kontraksi normal rahim setelah berhubungan seks. 

Kontraksi rahim dapat berlangsung hingga setengah jam setelah berhubungan. Selain itu kecemasan dan stres juga bisa memicu rasa sakit dan kram. Bunda bisa meminta suami untuk memijat- punggung bawah dengan lembut agar otot-otot Bunda menjadi rileks.

Banner Tips Merawat Tanaman Hias IndoorBanner Tips Merawat Tanaman Hias Indoor/ Foto: HaiBunda/Mia

Apa posisi seks terbaik selama kehamilan?

Dikutip dari Mayoclinic selama Bunda merasa nyaman, sebagian besar posisi seksual diperbolehkan selama kehamilan. Seks oral juga aman selama kehamilan. Saat kehamilan Bunda berlanjut, bereksperimen lah untuk menemukan yang terbaik selagi itu membuat kesenangan dan kenyamanan bersama. 

Apakah kondom diperlukan?

Memiliki infeksi menular seksual selama kehamilan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi Bunda dan Si Kecil. Hindari semua bentuk seks - vagina, oral dan anal - jika pasangan memiliki infeksi menular seksual aktif atau baru didiagnosis.

Lalu pada kondisi seperti apa saja kah sekiranya Bunda tidak disarankan untuk berhubungan seksual saat hamil? Bunda bisa simak lengkapnya di halaman berikut ya.

Simak juga video tentang 4 manfaat melakukan hubungan seks saat hamil di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
KONDISI KEHAMILAN YANG TIDAK DISARANKAN UNTUK BERHUBUNGAN SEKSUAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!