sign up SIGN UP search

kehamilan

Kehamilan Minggu ke-9: Tubuh dan Payudara Mulai Membesar, Saatnya Belanja Baju Hamil Bun!

Nanie Wardhani Rabu, 17 Nov 2021 13:42 WIB
Young pregnant woman lying in bed at home Ilustrasi ibu hamil/Foto: iStock

Jakarta - Memasuki kehamilan usia 9 minggu, mungkin orang sekitar belum menyadari kondisi Bunda. Karena, memang belum tampak perubahan fisik yang signifikan pada tubuh Bunda yang menarik perhatian orang lain.

Namun, Bunda sendiri tentu mulai akan merasa perubahan fisik pada tubuh di usia kehamilan 9 minggu ini. Bunda mungkin sudah merasa tubuh mulai menggemuk akibat perubahan hormon, payudara terasa semakin besar, lalu puting terlihat semakin gelap, juga keringat yang mulai berlebih.

Selain itu, dikutip dari Healthline, bahwa pembuluh darah Bunda akan terlihat lebih menonjol karena volume darah yang meningkat untuk membawa nutrisi ke janin. Pada usia ini, kondisi janin mulai memiliki panjang sekitar 3/4 inci, seukuran buah anggur atau zaitun.


Organ-organ utama janin pun terus berkembang, lengan tumbuh, dan siku dapat menekuk. Jari-jari kaki Si Kecil berkembang dan telinga serta kelopak mata yang mulai muncul seminggu yang lalu terus terbentuk.

Si Kecil juga menjadi lebih aktif, meskipun terlalu dini bagi Bunda untuk merasakan gerakannya. Jika Bunda ingin merasakan dan mendeteksi detak jantung Si Kecil, bisa dengan menggunakan alat genggam ultrasound doppler

Pada kehamilan 9 minggu ini, mulai muncul gejala umum yang hampir dirasakan oleh semua Bunda yang sedang mengandung. Dikutip dari Modul Asuhan Kebidanan Kehamilan Kemenkes, berikut adalah gejala-gejala ketidaknyamanan yang dirasakan Bunda saat hamil pada trimester pertama, di antaranya;

  • Mual muntah pada pagi hari
  • Sering buang air kecil
  • Gatal dan kaku pada jari
  • Hidung tersumbat atau berdarah
  • Ngidam
  • Kelelahan
  • Keputihan 
  • Keringat bertambah
  • Air ludah/ saliva berlebihan 
  • Sakit kepala
  • Spider nevi / Spider hemangioma. Spider nevi disebut juga spider hemangioma adalah noda kemerahan seperti api berpusat dari pusat tubuh dan menjalar ke kaki yang terjadi pada ibu hamil.
Banner pola makan rumahan

Demikian beberapa perubahan fisik Bunda saat memasuki usia kehamilan 9 minggu. Mengingat tubuh yang semakin membesar dan volume keringat yang meningkat, Bunda tentu memerlukan pakaian yang nyaman untuk dikenakan selama kehamilan.

Berbeda dengan pakaian yang biasa Bunda, saat kehamilan mulai membesar, ada baiknya memilih pakaian yang sesuai, yakni dengan model serta bahan yang nyaman bagi ibu hamil.

Lalu bagaimana cara memilih baju hamil yang pas untuk Bunda? Simak tipsnya di halaman berikutnya ya Bunda.

Simak pula video tentang agar Bunda tetap bisa stylish saat hamil di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
TIPS MEMILIH BAJU HAMIL YANG PAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!