sign up SIGN UP search

kehamilan

Kehamilan Minggu ke-4: Jantung Janin sudah Terbentuk, Bunda Tak Bisa Pakai Skinny Jeans

Nanie Wardhani Sabtu, 13 Nov 2021 13:43 WIB
Young pregnant woman at home, closeup Ilustrasi hamil muda/Foto: iStock

Jakarta - Memasuki kehamilan usia 4 minggu, Bunda tentu penasaran perkembangan apa saja yang telah dialami janin. Serta, perubahan apa saja yang mungkin akan dialami tubuh Bunda. Apakah ini sudah saatnya membeli baju-baju hamil yang trendi?   

Sekilas penjelasan kondisi tubuh Bunda pada usia kehamilan 4 minggu, Healthline menyebutkan bahwa pada minggu ke-4 ini terjadi fase implantasi. Jika implantasi terjadi, tubuh Bunda akan mulai mengeluarkan human chorionic gonadotrophin (hCG), hormon yang terdeteksi oleh tes kehamilan di rumah. Pada saat hamil 4 minggu, Bunda biasanya bisa mendapatkan hasil positif yang jelas pada tes kehamilan urine.

Lalu bagaimana perkembangan Si Kecil yang berusia 4 minggu di dalam kandungan?


Setelah pembuahan, zigot terus membelah dan berubah menjadi blastokista. Bayi Bunda saat ini merupakan kumpulan sel yang disebut blastokista. Perkembangan Si Kecil minggu ini sangat pesat Bunda.

Sekitar setengah dari sel-sel itu akan menjadi embrio seukuran biji poppy pada akhir minggu. Separuh sel lainnya menjaga pertumbuhan bayi Bunda di dalam rahim. Sel lalu berkembang biak dengan cepat dan mengambil tugas yang berbeda-beda.

Embrio kecil Bunda terdiri dari dua lapisan yang disebut hipoblas dan epiblas. Kantung ketuban mulai terisi cairan dan akan membungkus janin Bunda dan melindunginya saat ia tumbuh. Kantung kuning telur akan menghasilkan sel darah merah dan pembuluh darah pertama Si Kecil.

Walaupun ukuran janin terbilang masih sangat kecil, tetapi melalui kromosomnya tersebut telah ditentukan warna mata, warna rambut, dan jenis kelamin.

Kapan kehidupan janin dimulai?

Dikutip dari Thejournal.ie, dikatakan bahwa jantung embrio mulai berdetak pada usia kehamilan 22 hari (atau 5/6 minggu kehamilan). Sebuah penelitian di AS yang diterbitkan dalam Journal of Prenatal Medicine meneliti fungsi jantung janin selama trimester pertama (12 minggu). Hasil penelitiannya adalah bahwa perkembangan kardiovaskular pada embrio manusia terjadi antara 3 dan 6 minggu setelah ovulasi. Pada akhir minggu keempat kehamilan, detak jantung embrio dimulai.

Selain itu, juga merangkum dari Web MD, jantung, pembuluh darah, paru-paru, perut, dan hati juga mulai berkembang pada usia 4 minggu.

Lalu bagaimana perubahan tubuh Bunda saat usia kehamilan 4 minggu? Simak lengkapnya di halaman berikutnya ya Bunda.

Simak juga video tentang 4 mitos perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PERUBAHAN TUBUH BUNDA SAAT HAMIL 4 MINGGU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!