sign up SIGN UP search


kehamilan

Kehamilan 20 Minggu: Janin Miliki Rambut dan Perut Bunda Terasa Kencang seperti Kontraksi

Meita Fajriana   |   Haibunda Kamis, 09 Dec 2021 07:00 WIB
Young pregnant woman suffering from abdominal pain at home caption

Jakarta - Pada kehamilan 20 minggu, kandungan Bunda sudah berusia lima bulan. Saat ini, Bunda sudah berada di trimester kedua atau separuh jalan melalui kehamilan.

Saat bayi dan rahim Bunda terus tumbuh di minggu ini, Bunda akan melihat perubahan pada berat badan dan pusar karena perut Bunda terasa kencang. Apa saja perubahan lainnya yang akan Bunda rasakan pada kehamilan 20 minggu? Yuk simak terus penjelasannya.

Melansir dari laman Healthline, Salah satu perubahan dalam tubuh Bunda di minggu ini adalah perut terasa kencang seperti kontraksi. Hal itu akan semakin terasa ketika bayi Bunda bergerak di dalam rahim. Sensasi kencang pada perut ini nantinya semakin hebat mendekati minggu-minggu persalinan. 


Perut Bunda juga semakin terlihat membesar di kehamilan minggu ke-20 ini. Hal ini karena berat badan Bunda di minggu ini dan seterusnya akan naik lebih signifikan. Mulai minggu ini, Bunda akan mengalami penambahan berat badan sekitar 400 gram per minggu.

Kenaikan berat badan bukan hanya karena mengonsumsi lebih banyak kalori. Sebaliknya, ini adalah kombinasi dari banyak hal yang berbeda, termasuk berat bayi Bunda yang sedang tumbuh, rahim Bunda, cairan ketuban, plasenta, hingga peningkatan volume darah dan jaringan payudara Bunda.

"Pedoman kenaikan berat badan pada kehamilan umum menyarankan bahwa setelah kenaikan setengah sampai 2 kg pada trimester pertama, Anda dapat mengharapkan untuk menambahkan sekitar 400-500 gram seminggu untuk sisa kehamilan," jelas Anita Sadaty, MD dokter kandungan asal New York, Amerika dikutip dari Verywell Family.

Pada minggu ini, nafsu makan Bunda juga akan semakin meningkat. Hal ini menjadi salah satu faktor kenaikan berat badan Bunda. Bunda juga mulai sering mengalami pegal-pegal. Strech mark dan pigmentasi pada kulit juga mulai bermunculan di minggu ini Bunda. 

Banner Pria Aceh dan Istri TurkiBanner Pria Aceh dan Istri Turki/ Foto: HaiBunda/Mia

Berikut perubahan dan gejala lainnya yang akan Bunda alami di kehamilan 20 minggu ini. 

1. Perubahan pada pusar

Saat rahim Bunda tumbuh dan mengembang, akan memberi tekanan pada dinding perut Bunda. Tekanan ini dapat mengubah penampilan pusar Bunda. Pusar yang normalnya berbentuk masuk ke dalam dapat berubah menjadi rata atau bahkan lebih ke luar Bunda, meskipun hal ini tidak terjadi pada semua orang.

Bunda tidak dapat melakukan apa pun untuk mencegah perubahan pada pusar ini, namun ketahuilah bahwa perubahan ini umumnya bersifat sementara dan tidak berbahaya Bunda. Jadi jangan khawatir ya. 

2. Kontraksi palsu

Kontraksi palsu atau braxton-hicks dapat dimulai minggu ini saat tubuh Bunda memulai persiapan awal untuk persalinan. Kontraksi ini biasanya ringan, tidak dapat diprediksi, dan tidak perlu dikhawatirkan. Inilah alasan mengapa Bunda kerap mengalami perut terasa kencang di kehamilan 20 minggu ini Bunda. 

Terkadang Bunda akan mengalami beberapa kontraksi karena duduk dalam posisi yang kurang tepat, berjalan terlalu banyak, atau mengalami dehidrasi. Berbaring dan minum air dapat meredakan hal ini Bunda. 

Jika Bunda merasakan sakit atau merasakan waktu kontraksi ini secara berkala, hubungi dokter Bunda segera ya. Ini bisa menjadi tanda persalinan prematur, yang berpotensi menjadi komplikasi serius. 

Klik halaman berikutnya yuk Bunda.

Simak juga video tentang 6 perbedaan kontraksi asli dan palsu di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PERTUMBUHAN JANIN DI KEHAMILAN 20 MINGGU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!