kehamilan

Bobot Shandy Aulia Naik 3 Kg di Trimester Kedua, Apa Kata Dokter?

Yuni Ayu Amida Selasa, 03 Sep 2019 07:02 WIB
Bobot Shandy Aulia Naik 3 Kg di Trimester Kedua, Apa Kata Dokter?
Jakarta - Setelah menanti selama 7,5 tahun, artisĀ Shandy Aulia tengah bersiap menjadi ibu. Istri David Herbowo ini begitu menikmati masa-masa kehamilan yang sudah masuk trimester kedua.

Tapi, kehidupan wanita 32 tahun ini sepertinya tidak pernah lepas dari nyinyiran netizen. Dikutip dari InsertLive, baru-baru ini, dia melakukan tanya jawab di Instagram stories akun pribadinya. Seorang netizen menanyakan berat badan Shandy yang memasuki usia kehamilan lima bulan.

"Berat badannya naik gak kak?," tanya salah satu netizen.


"Sudah naik, sebelum hamil 46kg sekarang 49kg," jawab pemain film Eiffel Im in Love ini.

Jawaban Shandy lalu diunggah kembali oleh salah satu akun gosip di Instagram. Kolom komentar unggahan tersebut pun dipenuhi dengan celotehan netizen yang membandingkan dirinya dengan Shandy.

"Gue selama hamil naik 12 kg dari 48-60," ujar seorang warganet.

"Pakabar gue hamil naik 20kg, pas lahiran cuma turun 2kg doang, selama menyusui udah kek musuh sama timbangan," timpal warganet lainnya.

Bobot Shandy Aulia Naik 3 Kg di Trimester Kedua, Apa Kata Dokter?Foto: Instagram shandyaulia

Bicara soal berat badan ibu hamil, dr.Yuslam Edi Fidianto, Sp.OG, dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, mengatakan, penambahan berat badan ibu hamil selama 9 bulan normalnya 9 sampai 14 kilogram. Pada prinsipnya, jika berat badan ibu hamil naik, diharapkan berat badan janin juga naik.

Namun kata Yuslam, jika berat badan ibu agak kurang atau berlebih tidak masalah. Ia menegaskan, asalkan berat badan janin aman dan kondisi kesehatan ibu baik.

"Misal, naiknya berat badan ibu lebih dari 14 kilogram, kita pantau yang penting tensi bagus, kaki enggak bengkak, kesehatan ibu baik, enggak apa-apa. Begitu juga kalau agak kurang, yang penting kita pantau kesehatan ibu bagus dan kondisi janin baik," tutur Yuslam.

Sementara itu, dikatakan dr.Verawati S., Sp.GK, dari RS Kemang Medical Care (KMC), pertambahan berat badan saat hamil memang wajar. Hal ini karena ada beberapa penambahan dalam tubuh wanita, seperti ukuran payudara, plasenta, dan uterus.


Dokter yang akrab disapa Vera ini menjelaskan, penambahan berat payudara itu sendiri berkaitan dengan persiapan menyusui. Selain itu, berat badan juga dipengaruhi karena bertambahnya volume cairan dalam tubuh, seperti air ketuban dan cairan darah.

"Lemak tubuh juga akan meningkat dalam fungsinya untuk persiapan fase menyusui. Makanya, ibu hamil lemaknya tampak bertambah," jelas Vera, dilansir detikcom.

Simak pula cerita Shandy Aulia soal kehamilannya ini, Bun.
(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi