sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Jenis Metode Pengendalian Kehamilan agar Jarak Lahir Si Kecil Teratur

Meita Fajriana   |   Haibunda Senin, 03 Jan 2022 15:54 WIB
CARA PENGONTROLAN KELAHIRAN
Kb suntik caption

2. Menggunakan alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi pada dasarnya akan mencegah sperma bertemu sel telur. Mereka dapat dikombinasikan dengan spermisida, yang membunuh sperma. Salah satu contohnya yaitu kondom.

Kondom membentuk penghalang dan mencegah kehamilan dengan menghentikan sperma memasuki vagina. Kondom ditempatkan di atas penis sebelum hubungan seksual dimulai. Kondom terbuat dari poliuretan atau lateks.

Selain pengontrolan kelahiran, kondom juga dapat membantu mencegah penyebaran infeksi menular seksual. Metode ini sekitar 82 persen efektif. 


3. Suntikan

Suntikan kontrasepsi adalah obat kontrasepsi yang hanya mengandung progestin, bekerja lama, dapat dibalikkan, dan dapat dikendalikan. Nama obatnya Depo-Provera, dikenal juga dengan nama Depo Shot atau DMPA.

Suntikan diberikan setiap 3 bulan oleh dokter. Metode ini dapat mencegah kehamilan dengan menghentikan wanita melepaskan sel telur.

Metode pengontrolan kelahiran lewat suntikan ini 94 persen efektif dan kemungkinan kehamilan meningkat saat suntikan habis Bunda. Penting untuk Bunda ingat untuk menjadwalkan suntikan lagi setelah 3 bulan untuk memastikan efektivitasnya. 

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!