sign up SIGN UP search


kehamilan

Kehamilan 31 Minggu: Payudara Bunda Mulai Mengeluarkan Air Susu

Meita Fajriana   |   Haibunda Sabtu, 08 Jan 2022 07:00 WIB
pregnancy, healthy food and people concept - happy pregnant woman eating vegetable salad for breakfast at home Ilustrasi ibu hamil/Foto: Istock

Jakarta - Bunda telah memasuki kehamilan 31 minggu. Sekarang, otak bayi Bunda menjadi lebih sempurna dan Si Kecil lebih aktif dari sebelumnya. Ia mulai mengayuh kakinya, mengisap ibu jarinya, dan mempraktikkan keterampilan penting lainnya untuk persiapan lahir ke dunia.

Melansir dari laman What to Expect, pada usia kehamilan 31 minggu, bayi Bunda juga melatih beberapa keterampilan yang mereka perlukan setelah lahir seperti mengedipkan mata dan bernapas. Begitu juga dengan tubuh yang berlatih untuk persiapan persalinan lewat kontraksi braxton hicks.

Pada minggu ini, Bunda akan lebih sering ke kamar mandi dan merasa lebih cepat lelah akhir-akhir ini. Nah, seperti apa gejala kehamilan yang Bunda rasakan serta perkembangan bayi di usia kehamilan 31 minggu ini? Simak terus penjelasannya ya Bunda. 


1. Perkembangan ukuran janin

Dengan berat 1,5 kg lebih dan panjang sekitar 16 inci, bayi Bunda dengan cepat mendekati panjang lahirnya. Meskipun untuk berat badan Si Kecil masih akan terus bertambah menjelang kelahirannya. 

2. Bayi lebih banyak tidur

Si Kecil kini tidur lebih lama, itulah sebabnya Bunda sudah mulai dapat memperhatikan pola bangun, gerakan, dan istirahat yang lebih jelas dari bayi di dalam perut Bunda. 

Banner Blak-Blakan Mommy ASF Layangan PutusBanner Blak-Blakan Mommy ASF Layangan Putus/ Foto: HaiBunda/Mia

3. Panca indra bayi sedang berkembang

Otak bayi Bunda akan bekerja ekstra akhir-akhir ini. Otak berkembang lebih cepat dari sebelumnya. Koneksi antara sel-sel saraf individu yang jumlahnya hingga miliaran sedang dibuat dengan kecepatan super cepat. Bagi Bunda sekarang mulai memproses informasi, melacak cahaya, dan menerima sinyal dari kelima indranya. 

Tentu, bayi Bunda belum dapat mencium terlalu banyak saat ini, meskipun Si Kecil sudah dapat mencium dan merasakan berbagai makanan yang Bunda makan melalui cairan ketuban serta mencium bau beberapa produk kecantikan yang Bunda gunakan yang juga berakhir di cairan ketuban Bunda. 

"Beruntungnya dan menyenangkan bukan? Aroma ibu akan menjadi salah satu aroma pertama yang Si Kecil hirup dalam hidupnya, aroma yang dengan cepat akan menjadi favoritnya," kata Jennifer Wu dokter anak yang berbasis di Manhattan, New York dikutip dari laman What to Expect, Senin (4/1). 

Klik halaman berikutnya ya Bunda.

Simak juga video tentang manfaat daun pandan untuk ibu hamil di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
GEJALA DAN KELUHAN DI KEHAMILAN 31 MINGGU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!