sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Manfaat Buah Aprikot untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Bantu Atasi Sembelit

Nanie Wardhani   |   Haibunda Senin, 10 Jan 2022 19:40 WIB
Ilustrasi manfaat buah aprikot untuk ibu hamil Ilustrasi manfaat buah aprikot untuk ibu hamil/ Foto: Getty Images/Jasmina007

Bunda tentu sudah memahami bahwa kehamilan dan nutrisi berjalan seiringan dan seorang calon ibu perlu memantau makanan apa saja yang dikonsumsinya selama kehamilan. Apa yang harus dimakan dan apa yang tidak boleh dimakan mungkin menjadi pertimbangan bagi Bunda selama kehamilan.

Menu makanan selama kehamilan harus kaya nutrisi penting seperti zat besi, asam folat, protein, kalsium, dan yodium. Nah, aprikot adalah buah yang kaya akan nutrisi ini. 

Apakah Bunda khawatir tentang menambahkan buah ajaib ini dalam menu kehamilan Bunda? Kami akan membahas secara rinci tentang cara efektif menambahkan buah aprikot dalam menu makanan kehamilan Bunda dan mendapatkan manfaat maksimal dari buah ini, seperti dilansir dari Parenting First Cry berikut ini.


Apa itu Aprikot?

Aprikot adalah buah yang termasuk dalam kategori buah berbiji yang dapat dimakan mentah maupun dalam bentuk yang sudah dikeringkan. Buah ini adalah sumber kalsium, zat besi, potasium, fosfor, dan vitamin A, C, dan E yang baik, dan makan aprikot selama kehamilan baik untuk Bunda dan Si Kecil.

Apakah aprikot aman untuk Bunda yang sedang hamil?

Ya, buah aprikot sangat aman untuk dikonsumsi saat hamil. Aprikot termasuk dalam keluarga Rosaceae (ceri, persik, plum, almond, dll. Juga termasuk dalam keluarga ini), dan buah ini dapat ditambahkan ke menu makanan kehamilan Bunda karena manfaat kesehatannya yang luar biasa. Namun, sangat penting untuk mencuci buah secara menyeluruh (jika makan dalam bentuk mentah), untuk menghilangkan pestisida dan bahan kimia berbahaya lainnya.

Manfaat kesehatan mengonsumsi Aprikot selama kehamilan

Ada banyak manfaat kesehatan dari mengkonsumsi aprikot selama kehamilan; beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Membantu mengatasi sembelit

Aprikot adalah sumber makanan kaya serat dan dengan demikian memakannya selama kehamilan dapat membantu mengatasi sembelit. Aprikot juga membantu dalam meningkatkan fungsi pencernaan selama kehamilan.

2. Membantu mengobati anemia

Aprikot kaya akan zat besi dan tembaga. Nutrisi ini sangat efektif dalam meningkatkan hemoglobin dan dengan demikian membantu dalam mencegah atau mengobati anemia selama kehamilan.

3. Membantu menjaga kesehatan mata

Aprikot adalah sumber beta-karoten yang baik. Beta-karoten bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan mata. Makan aprikot selama kehamilan menjaga kesehatan mata Bunda.

4. Membantu menjaga kadar gula darah

Aprikot efektif dalam menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Dengan mengontrol kadar glukosa darah, Bunda cenderung tidak menderita diabetes gestasional selama kehamilan.

Ilustrasi buah aprikot keringIlustrasi manfaat buah aprikot/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Tetiana_Chudovska

5. Baik untuk bayi Bunda

Mengonsumsi aprikot selama kehamilan juga baik untuk bayi Bunda. Kehadiran asam folat dalam aprikot membantu dalam pencegahan cacat bawaan seperti spina bifida pada bayi baru lahir. Aprikot sarat dengan nutrisi penting yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

6. Baik untuk kulit Bunda

Aprikot dapat melakukan keajaiban untuk kulit Bunda. Menambahkan aprikot ke dalam menu makanan kehamilan akan baik untuk kulit dan membuat kulit Bunda bercahaya.

7. Membantu dalam laktasi

Aprikot tidak hanya bermanfaat selama kehamilan tetapi juga efektif dalam meningkatkan produksi susu pasca-kehamilan, pada ibu menyusui.

Untuk Bunda ketahui, 100 gram aprikot segar menyediakan 12 persen vitamin A, 12 persen vitamin C, dan 6 persen potasium. Itu pun dalam 50 kalori. Namun, sebelum memasukkannya ke dalam menu makanan kehamilan Bunda, ingatlah poin-poin penting berikut ini, dilansir dari Being The Parent.

  1. Jangan pernah makan aprikot dengan perut kosong.
  2. Makanlah aprikot bersama dengan sarapan Bunda. Makan aprikot sebagai camilan pertengahan pagi atau camilan malam juga bermanfaat.
  3. Jangan pernah melebihi batas moderasi (1-2 biji), dalam hal mengonsumsi aprikot selama kehamilan. Konsumsi aprikot yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.
  4. Lebih aman makan aprikot matang atau yang telah dikeringkan selama kehamilan daripada yang mentah. Aprikot mentah dapat menyebabkan masalah lambung selama kehamilan.
  5. Akan selalu lebih baik untuk bertanya kepada dokter Bunda sebelum menambahkan aprikot ke dalam makanan Bunda.

Singkatnya, tidak ada argumen tentang fakta bahwa aprikot memiliki nilai gizi yang sangat baik. Bunda bisa mengonsumsinya dengan aman saat sedang hamil asalkan tidak melebihi batas.

Bagaimanapun, sebaiknya tanyakan kepada dokter Bunda tentang memakannya sebelum Bunda memasukkannya ke dalam menu makanan kehamilan Bunda sehingga Bunda tidak mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan karena konsumsinya. Semoga bermanfaat ya Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!