sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Manfaat Daun Pandan untuk Ibu Hamil, Bunda Perlu Tahu

Nanie Wardhani   |   Haibunda Senin, 20 Dec 2021 19:19 WIB
Ilustrasi ibu hamil minum caption

Bunda pasti sudah tidak asing lagi dengan daun pandan. Pandan (Pandanus) adalah tanaman aromatik yang sangat dikenal karena aromanya yang manis dan berbagai manfaatnya.

Daunnya yang runcing tumbuh dalam tandan berbentuk kipas dan tumbuh subur di iklim tropis.  Pandan digunakan secara luas dalam masakan Asia Selatan dan Tenggara.

Kandungan nutrisi dalam daun pandan

Dilansir dari Healthline, berikut rincian nutrisi untuk 100 gram pasta pandan:


  • Kalori: 321
  • Protein: 2,2 gram
  • Karbohidrat:78 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Serat 11% dari Nilai Harian (NH)
  • Besi 32% dari NH
  • Kalsium 10% dari NH
  • Fosfor 9% dari NH

Pasta pandan adalah sumber yang kaya beta karoten, prekursor vitamin A. Porsi 100 gram pasta pandan dapat mengemas 43–80% NH, meskipun jumlah pastinya sangat bervariasi. 

Vitamin A penting untuk kesehatan mata, serta sistem kekebalan tubuh Bunda. Pasta pandan juga tinggi zat besi. Zat besi membantu menangkal kondisi seperti anemia defisiensi besi dan membantu sirkulasi darah dan oksigen yang tepat.

Nah, tahukah Bunda bahwa selain digunakan sebagai bahan masakan, ternyata daun pandan juga memiliki beragam manfaat untuk ibu hamil? Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi pandan selama kehamilan, Bunda. Apa saja kira-kira manfaatnya? Simak lengkapnya seperti dilansir dari berbagai sumber berikut ini, Bunda.

1. Dapat membantu mengelola gula darah

Dilansir dari Healthline, Pandan dapat membantu mengelola kadar gula darah Bunda. Satu studi memberi 30 orang dewasa sehat teh panas yang terbuat dari daun Pandan mengikuti tes gula darah oral standar (75 gram). Mereka yang minum teh pulih lebih baik dibandingkan mereka yang hanya minum air panas. Untuk Bunda hamil, kestabilan gula darah adalah hal yang penting. Jangan sampai Bunda hamil memiliki gula darah yang tinggi karena dapat membahayakan kehamilan, karena itu mengonsumsi seduhan daun pandan adalah hal yang cukup baik untuk ibu hamil.

Daun PandanIlustrasi manfaat daun pandan / Foto: Getty Images/iStockphoto/showcake

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bunda hamil sebaiknya tidak mengalami tekanan darah tinggi, karena hal ini juga berbahaya bagi kehamilan. Salah satu manfaat daun pandan adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Daun pandan diketahui mampu memperlancar peredaran darah, melarutkan asam urat dan asam lemak jenuh serta sebagai antioksidan. Penelitian yang dilakukan oleh Wang Hui dan rekan dari Chinese Academy of Tropical Agricultural Sciences menyebutkan bahwa daun pandan merupakan sumber antioksidan alami.

3. Meningkatkan nafsu makan

Saat tubuh merasa lemas dan lesu yang disebabkan oleh morning sickness di trimester pertama, tentu akan memengaruhi selera dan nafsu makan Bunda yang sedang hamil. 

Jangan khawatir, Bunda bisa mengandalkan manfaat daun pandan yang ada di dapur untuk mengembalikan dan meningkatkan kembali nafsu makan Bunda.

Caranya pun mudah, Bunda hanya perlu merebus 10 gram daun pandan dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih dan air menyusut lalu konsumsi pada pagi dan sore hari agar nafsu makan anak terjaga serta tubuh menjadi lebih bugar.

4. Mengatasi mual dan muntah

Mual dan muntah kerap terjadi pada ibu hamil terutama di trimester pertama. Penelitian yang dilakukan Dosen Kebidanan Universitas Fort De Kock Bukittinggi, Febriyeni dan Visti Delvina tahun 2019 menemukan, pemberian minuman jahe dan daun pandan bisa menurunkan mual dan muntah di trimester pertama kehamilan. Studi ini telah diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan tahun 2021.

Penelitian yang dilakukan pada 10 sampel ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Abai Kabupaten Solok Selatan Tahun 2019 menemukan, pemberian minuman jahe dan daun pandan satu kali sehari selama 4 hari bisa menurunkan rata-rata derajat mual muntah dari 7,7 menjadi 3,87.

5. Mengatasi stres atau rasa cemas

Konsumsi daun pandan selama kehamilan ternyata bisa mengatasi stres dan rasa cemas lho, Bunda. Daun ini cocok dikonsumsi di trimester ketiga atau jelang persalinan.

Selain stres dan gelisah, daun pandan dapat mengatasi insomnia atau sulit tidur. Daun ini dapat diberikan sebagai relaksan karena mengandung tannin yang bersifat penenang.

Demikian lima manfaat daun pandan untuk ibu hamil, semoga bermanfaat ya Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!