sign up SIGN UP search


kehamilan

Ciri Janin dalam Rahim Sehat, Lewati 6 Tahapan Perkembangan di Trimester 1

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Selasa, 08 Feb 2022 20:10 WIB
Ciri janin berkembang caption

Jakarta - Setiap kehamilan memberikan warna berbeda untuk para Bunda. Sejak kehamilan begitu dinantikan, banyak Bunda menerka tanda atau ciri-ciri janin sudah tumbuh di rahimnya. Apakah Bunda juga pernah mengalaminya?

Ciri janin dalam rahim sudah tumbuh di awal kehamilan memang bisa dirasakan dengan beberapa tanda, Bunda. Di antaranya Bunda tidak mengalami menstruasi hingga sering pusing sepanjang hari.

Setelah mendapat kepastian bahwa janin sudah tumbuh dalam rahim, Bunda sebaiknya lebih menjaga pola makan jadi lebih sehat ya. Serta rutin memeriksakan kehamilan setiap bulannya.


Hal ini penting dilakukan karena Si Kecil sudah memulai periode pertumbuhan yang dikenal sebagai tahap embrionik. Untuk selanjutnya, embrio akan berproses menjadi janin dan lahir menjadi bayi yang menggemaskan. Mulai pembuahan hingga saat melahirkan, Si Kecil terus tumbuh melewati beberapa tahap perkembangan.

"Kehamilan adalah perjalanan panjang yang terbagi menjadi tiga trimester. Masing-masing periode ini berlangsung antara 12 dan 13 minggu," ujar Dr Draion Burch, seorang dokter kandungan dan ginekolog di Magee Womens Hospital, seperti dikutip dari laman Live Science.

Tahap perkembangan awal berlangsung dari minggu ke-5 sampai ke-10 kehamilan. Selama tahap ini, bayi disebut embrio. Ada banyak perubahan yang terjadi selama tahap embrionik.

Pertama, sel-sel embrio atau biasa disebut sel induk embrionik berkembang biak dan berkembang. Mereka menjadi ratusan jenis sel yang berbeda yang dibutuhkan untuk membuat seluruh tubuh manusia. Organ utama dan bagian tubuh Si Kecil mulai terbentuk.

Mengutip familydoctor.org plasenta atau ari-ari juga terbentuk sejak masa embrionik ini, Bunda. Plasenta mengambil nutrisi, oksigen, dan air dari darah Bunda kemudian meneruskannya ke Si Kecil melalui tali pusat.

Itulah kenapa pada masa kehamilan Bunda harus mencukupi kebutuhan nutrisi dengan lebih baik dari sebelum hamil. Karena ada plasenta yang turut serta menyerap dan mengirimkannya untuk kesehatan prima Si Kecil di dalamnya.

Ilustrasi janin atau air ketubanIlustrasi janin / Foto: Getty Images/iStockphoto/ Natalia Riabchenko

Lalu apa sih yang terjadi pada masa embrionik sampai menjadi janin di perut Bunda? Ini lho yang terjadi di dalam sana.

Tahapan embrionik dalam plasenta

1. Pembentukan sistem saraf

Ini adalah salah satu organ mendasar yang terbentuk semasa awal pertumbuhan embrio. Termasuk pembentukan otak, sumsum tulang belakang dan syaraf Si Kecil.

2. Pembentukan jantung

Sebuah tabung berbentuk S terbentuk di bagian depan embrio. Ini akan menjadi jantung Si Kecil Bunda. Pada awalnya jantung tidak berdetak, tetapi segera mulai berdetak dan memompa darah dalam bentuk awal.

3. Pembentukan wajah

Fitur wajah Si Kecil mulai terbentuk. Mata dan telinga terbentuk di sisi kepala dan terhubung ke otak. Mata bergerak maju di wajah, dan kelopak mata terbentuk untuk melindungi mata yang sedang berkembang. Potongan jaringan tumbuh dan bergabung bersama untuk membuat dahi, hidung, pipi, bibir, dan rahang. Saluran hidung, mulut, dan kuncup gigi membentuk gigi pertama bayi. Lidah juga sudah mulai terbentuk.

Ayah Bunda pasti tidak sabar Si Kecil lebih mirip siapa nih. Simak penjelasannya di halaman berikut!

Simak juga pertumbuhan janin sesuai usianya dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PERKEMBANGAN EMBRIO HINGGA PEMBENTUKAN ORGAN KELAMIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!