sign up SIGN UP search


kehamilan

Meski Sama-sama Cokelat, Inilah Perbedaan Darah Istihadhah dengan Flek Haid

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Minggu, 01 May 2022 19:53 WIB
ilustrasi kalender haid caption

Jakarta - Apakah Bunda pernah mendapati haid lebih dari 15 hari? Sangat mungkin itu bukan haid, melainkan istihadhah, Bunda. Yaitu, darah yang keluar di luar menstruasi dan masa nifas.

Untuk itu, Bunda dengan kondisi istihadhah masih mempunyai kewajiban yang sama dengan Bunda tanpa istihadhah ya. Sebab, istihadhah tidak menggugurkan Bunda dari kewajiban untuk beribadah, Bunda. 


Hal ini merujuk pada salah satu hadis yang menjelaskan kewajiban perempuan walau sedang istihadhah agar tetap menjalankan kewajibannya sebagai muslimah, Bunda. 

Imam Bukhari dan Imam Muslim telah meriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu ‘anha :

 جَاءَتَ فاَطِمَةُ بِنْتُ اَبِى حُبَيْشٍ اِلَى النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَلَتْ ياَرَسُوْلُ اللهِ اِنِّى امْرَاَةٌ اُسْتَحَاضُ فَلاَ اَطْهُرُ، اَفَاَدَعُ الصَّلاَةَ؟ فَقَالَ ياَرَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لاَ، اِنَّمَا ذَلِكَ عِرْقٌ وَلَيْسَ بِالْحَيْضَةِ فَاِذَااَقْبَلَتِ الْحَيْضَةُ فَاتْرُكِى الصَّلاَةَ، فَاِذَا ذَهَبَ قَدْرُهَا فاَغْسِلِى عَنْكِ الدَّمَ وَصَلِّى

Fatimah binti Abi Hubaisy telah datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu berkata: “Ya Rasulullah, sesungguhnya aku adalah seorang wanita yang mengalami istihadhah, sehingga aku tidak bisa suci. Haruskah aku meninggalkan salat?” Rasulullah SAW menjawab, “Tidak, sesungguhnya itu (berasal dari) sebuah otot, dan bukan haid. Jadi, apabila haid itu datang, tinggalkanlah salat. Lalu apabila ukuran waktunya telah habis, cucilah darah dari tubuhmu lalu salatlah.”
 
Lalu apa saja sih yang membedakan darah istihadhah dengan darah haid, Bunda? Simak terus yuk.

Banner 9 Tanda Kepala Janin di Bawah9 Tanda Kepala Janin di Bawah/ Foto: annisa shofia/HaiBunda


Kuning kecokelatan dan tidak menimbulkan bau

Merujuk hadits riwayat Bukhari, darah istihadhah biasanya berwarna kuning kecokelatan dengan ciri khas tidak bau, Bunda. hal ini berbeda dengan darah haid yang baunya bahkan kadang agak menyengat.

 
 حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ قَالَ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ قَالَتْ كُنَّا لَا نَعُدُّ الْكُدْرَةَ وَالصُّفْرَةَ شَيْئًا


Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa'id berkata, telah menceritakan kepada kami Isma'il dari Ayyub dari Muhammad dari Ummu 'Athiyyah berkata, "Kami tidak menganggap warna keruh dan kekuningan sebagai sesuatu dari haid.“ (hadits Riwayat Bukhari, nomor 315)

Kita lanjutkan ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Saksikan juga video tentang benarkah minum soda bisa lancarkan haid?

[Gambas:Video Haibunda]



TINJAUAN MEDIS ISTIHADHAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!