sign up SIGN UP search


kehamilan

Gerakan Janin Terasa di Perut Bagian Bawah, Apakah Pertanda Sungsang?

Melly Febrida   |   Haibunda Senin, 30 May 2022 13:45 WIB
Pregnant woman keeping hand on belly and holding ultrasound image at home interiors. Pregnancy, parenthood, preparation and expectation concept. Close-up, copy space, indoors. caption

Jakarta - Merasakan gerakan janin di perut saat kehamilan itu sungguh menyenangkan ya, Bunda. Gerakan kecil yang manis ini bisa karena bayi berputar, berguling, atau berjungkir balik di dalam rahim. Alhasil, posisi gerakan janin ini bisa berubah-ubah, dari di bawah tulang rusuk hingga perut bagian bawah.

Jika Bunda merasakan gerakan janin di perut bagian bawah terkadang berpikir apa bayinya sudah turun ya? Sebenarnya, gerakan janin di perut bagian bawah bisa karena posisi bayi yang sungsang. Tapi tenang, apabila masih pertengahan kehamilan, bayi masih banyak bergerak jadi bisa pindah posisi.

Valinda Nwadike, dokter spesialisasi dalam kebidanan dan ginekologi mengatakan bahwa Bunda akan merasakan tendangan bayi dengan posisi yang berbeda saat kehamilan seiring bertambahnya usia kehamilan.


Pada awal kehamilan, janin gerakannya bergetar di bawah pusar. Semakin bertambah usia kehamilan, gerakan janin ini akan lebih kuat lagi berkisar dari atas tulang rusuk hingga turun di daerah panggul.

"Bayi mungkin melakukan gerakan sporadis sekitar 9 atau 10 minggu, tetapi ibu mungkin tidak akan merasakan apa pun pada trimester pertama," ujar Nwadike dilansir Health Line. 

Banner 5 Buah yang Baik untuk Pertumbuhan Janin

Pada trimester kedua, gerakan bayi akan menjadi lebih teratur. Beberapa ibu hamil dapat merasakan bayinya menendang pada usia kehamilan 13 hingga 15 minggu, tetapi mendekati 18 minggu lebih khas.

Bunda tak perlu khawatir jika hanya sebentar merasakan tendangan pertama yang menggetarkan, yang dikenal sebagai quickening. Banyak faktor yang dapat memengaruhi ibu hamil merasakannya pertama kali, dan tendangan biasanya terasa lebih awal pada kehamilan berikutnya, karena orang tua yang berpengalaman tahu apa yang harus dicari.

Bunda tentu menjadi orang pertama yang merasakan tendangan janin, baru setelah usia kehamilan 20 minggu Ayah juga bisa merasakannya. Berbeda dengan yang mengandung bayi kembar yang tidak akan merasakan tendangan lebih cepat ketimbang hamil bayi tunggal.

Menurut Nwadike, gerakan awal janin biasanya terasa pelan di perut, mungkin terasa seperti ombak atau bahkan ikan yang berenang. Beberapa ibu hamil bahkan merasakan gerakannya mirip gas di perut atau rasa lapar. Ini yang membuat ibu hamil sulit mengidentifikasi lebih awal sebagai tendangan dari dalam rahim Bunda.

Pregnant mother and son are talking and spending time together in bed at home. Little child boy looking at her mother pregnant tummy. Pregnancy, family, parenthood, preparation and expectation concepts.Gerakan Janin Terasa di Perut Bagian Bawah, Apakah Pertanda Sungsang?./ Foto: Getty Images/iStockphoto/NataliaDeriabina

Nah, kalau ibu hamil merasa ada gerakan seperti detak atau denyutan kecil, kemungkinan bayi mulai cegukan. Nwadike bilang ini tidak berbahaya sama sekali.

Pada trimester ketiga, gerakannya kemungkinan akan lebih kuat dan lebih banyak pukulan. Pada usia ini ibu hamil bahkan mungkin memperhatikan perutnya bergerak seperti ada yang menendang dari dalam.

Bisakah posisi bayi memengaruhi tempat ibu hamil merasakan tendangan? Klik halaman berikutnya.

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini.

Simak juga yuk video tentang serba-serbi gerakan janin di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



GERAKAN JANIN DI PERUT BAWAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!