sign up SIGN UP search


kehamilan

Selain Lezat, 8 Buah Ini Ampuh Atasi Sembelit dan Bikin Bumil Kenyang

Arina Yulistara   |   Haibunda Sabtu, 04 Jun 2022 18:40 WIB
Ibu hamil makan buah caption

Jakarta - Setiap kondisi kehamilan memang berbeda-beda ya. Beberapa Bunda mungkin mengalami masalah sembelit atau susah buang air besar. Untuk mengatasinya, yuk konsumsi ragam buah yang mampu atasi sembelit pada ibu hamil.

Mengutip dari Parents, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Acta Obstetricia et Gynecologica Scandinavica mengungkap hampir tiga dari empat ibu hamil mengalami sembelit dan masalah usus lainnya. Penyebab sembelit ibu hamil karena perubahan hormon, tekanan pada rahim hingga efek zat besi dalam vitamin prenatal. 

"Hormon progesteron menyebabkan otot-otot di dinding usus menjadi rileks sehingga tidak bisa membuat kontraksi yang diperlukan untuk menggerakkan kotoran," papar Dr Rabin, profesor di Albert Einstein College of Medicine, New York, Amerika Serikat.


Bunda pun disarankan mengonsumsi buah untuk atasi sembelit ibu hamil yang tentu menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa kembung. Buah untuk atasi sembelit ibu hamil juga bisa memberikan nutrisi yang tepat dalam membantu janin berkembang dan tumbuh.

Kayu Putih Sebagai SkincareKayu Putih Sebagai Skincare/ Foto: HaiBunda/Annisa Shofia

 

Selain mendukung pertumbuhan bayi, peningkatan asupan vitamin dan mineral dari buah untuk atasi sembelit ibu hamil  juga menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi terbaik. Yuk konsumsi buah untuk atasi sembelit ibu hamil yang mengandung banyak vitamin, nutrisi penting, dan memiliki sumber serat yang baik buat tubuh. 

Berikut deretan pilihan buah untuk atasi sembelit ibu hamil.

1. Apel

Salah satu buah untuk atasi sembelit ibu hamil adalah apel. Apel mengandung beberapa senyawa yang meningkatkan pencernaan, termasuk serat, sorbitol, dan fruktosa. 

Dilansir Medical News Today, apel juga mengandung kadar air tinggi, vitamin C, dan A sehingga bisa membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Apel bisa Bunda simpan sebagai alternatif buah untuk atasi sembelit ibu hamil.

2. Pir

Seperti apel, pir termasuk buah untuk atasi sembelit ibu hamil. Pir mengandung banyak air, serat, kalium, dan folat yang dapat melancarkan pencernaan terutama bagi Bunda yang susah buang air besar. 

Kalium juga bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung ibu hamil dan janin. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari buah untuk atasi sembelit ibu hamil, makanlah mentah dengan kulit utuh. 

3. Anggur

Buah untuk atasi sembelit ibu hamil lainnya adalah anggur. Anggur kaya akan serat karena memiliki rasio kulit-daging yang tinggi. 

Anggur menjadi salah satu buah untuk atasi sembelit ibu hamil karena juga mengandung banyak air, seperti apel dan pir. Untuk meringankan sembelit, cobalah konsumsi beberapa genggam anggur yang sudah dicuci.

Ilustrasi buah apel dan anggurSelain Lezat, 8 Buah Ini Ampuh Atasi Sembelit dan Bikin Bumil Kenyang/ Foto: Getty Images/iStockphoto/demaerre

4. Kiwi

Mencari buah untuk atasi sembelit ibu hamil lainnya? Coba makan kiwi, Bunda. 100 gram kiwi rata-rata mengandung sekitar 2 sampai 3 gram serat. 

Hal ini bisa membantu mempercepat aliran usus sehingga mengatasi sembelit ibu hamil. Kiwi juga mengandung actinidine, enzim yang mendorong pergerakan di saluran pencernaan bagian atas dan beberapa fitokimia yang mungkin berperan dalam meningkatkan pencernaan. 

Kita lanjutkan ke halaman berikutnya yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang 10 buah yang sebaiknya tak dimakan saat hamil di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



ANEKA BUAH BERI HINGGA JAMBU BIJI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!