sign up SIGN UP search


kehamilan

Ketahui yuk Kelebihan dan Kekurangan Jalani Kehamilan di Atas Usia 30 Tahun

Melly Febrida   |   Haibunda Senin, 20 Jun 2022 18:52 WIB
Gynecological Examination, Pregnancy Test, Adult, Adults Only Ketahui yuk Kelebihan dan Kekurangan Jalani Kehamilan di Atas Usia 30 Tahun/Foto: iStock

Usia wanita selalu dikaitkan dengan peluang hamil. Ketika usia Bunda menginjak kepala tiga mungkin muncul kekhawatiran bisa cepat hamil atau tidak. 

Memang, ada perbedaan besar kemampuan wanita untuk hamil di awal usia 30-an. Namun, kehamilan pada usia berapa pun memiliki kelebihan dan kekurangan.

Dilansir Baby Center, Anthony Propst, M.D., ahli endokrinologi reproduksi menjelaskan para ahli kesuburan mengingatkan wanita di usia 30-an untuk tidak menunggu terlalu lama, terutama jika ingin memiliki lebih dari satu anak.


Menurut Propst, pada awal usia 30-an, peluang Bunda untuk hamil hanya sedikit lebih rendah daripada di akhir usia 20-an. Dan risiko keguguran atau bayi dengan down syndrome sedikit lebih tinggi. Nah ketika Bunda menginjak usia 35, penurunan kesuburan itu mulai meningkat.

Umumnya ketika Bunda hamil di usia pertengahan 30-an, dokter akan merekomendasikan melakukan tes darah DNA janin bebas sel, amniosentesis, pengambilan sampel chorionic villus, atau pemeriksaan terperinci lainnya. Ini karena masalah genetik menjadi perhatian pada kehamilan di usia 35 tahun. 

Banner Buah yang Bagus untuk JaninBuah yang Bagus untuk Janin/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

James Goldfarb, direktur layanan infertilitas dan IVF di Cleveland Clinic Foundation di Cleveland, Ohio, menjelaskan bahwa kesuburan menurun antara usia 29 dan 35 tahun. "Tetapi mayoritas wanita berusia 35 tahun masih menang' tidak ada masalah,

"Namun, pada usia 38 atau 39 tahun, usia menjadi faktor besar," jelas Goldfarb.

Menurut spesialis kesuburan terkemuka Sherman Silber, direktur Pusat Infertilitas St. Louis di Rumah Sakit St. Luke di Missouri, secara keseluruhan peluang hamil pada usia 30-an sekitar 15 persen dalam setiap siklus ovulasi tunggal.

"Peluang Anda untuk hamil dalam waktu satu tahun adalah sekitar 75 persen. Tetapi kesuburan berkurang seiring bertambahnya usia, jadi di akhir usia 30-an, peluang Anda untuk hamil dalam waktu satu tahun turun menjadi 65 persen," ujar Goldfarb.

Begitu pula dengan risiko keguguran yang meningkat perlahan selama awal 30-an, tetapi mulai meningkat dengan cepat pada pertengahan hingga akhir 30-an. "Risikonya adalah 18 persen pada usia 35, tetapi meningkat menjadi 34 persen pada awal 40-an," tegasnya.

Pada usia 35 hingga 39 tahun inilah saatnya wanita berpeluang hamil kembar, bahkan tanpa perawatan kesuburan yang meningkatkan kesempatan lahir kembar.

Berapa lama waktu untuk hamil? klik halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang figur publik yang hamil di atas usia 50 tahun:

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
WAKTU YANG DIBUTUHKAN UNTUK HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!