sign up SIGN UP search


kehamilan

Waspada Bun, 3 Makanan Ini Bisa Picu Hipertensi pada Ibu Hamil

Melly Febrida   |   Haibunda Rabu, 15 Jun 2022 18:10 WIB
Worried pregnant woman complaining at home caption

Hipertensi merupakan salah satu masalah utama pada kehamilan. Adapun makanan yang Bunda konsumsi bisa menjadi pencetus kondisi tersebut alias dapat meningkatkan tekanan darah. Lalu, makanan apa saja yang membuat bumil darah tinggi?

Holly Ernst, PA-C asisten dokter di Santa Maria, CA, mengatakan tekanan darah tinggi atau hipertensi yakni ketika tekanan darah lebih besar atau sama dengan 130/80 mmHg. Padahal pada ibu hamil, tekanan darah adalah ha yang penting untuk dijaga.

"Jika dikelola dengan baik, tekanan darah tinggi selama kehamilan tidak selalu berbahaya," kata Ernst dilansir Healthline.


Namun, kata Ernst, darah tinggi pada bumil terkadang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang parah bagi ibu dan bayi yang sedang berkembang. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperkirakan bahwa sekitar 6-8 persen bumil antara usia 20 dan 44 tahun di Amerika Serikat mengalami hipertensi.

Jika Bunda sedang hamil, kenali beberapa jenis makanan yang menjadi penyebab darah tinggi. Hindari makanan tersebut agar tekanan darah bumil tetap sehat. Berikut tiga makanan penyebab darah tinggi pada bumil dilansir Healthshots:

Banner Mesin Cuci di Bawah Harga Rp2 JutaMesin Cuci di Bawah Harga Rp2 Juta/ Foto: Annisa Shofia

1. Garam dan natrium

Dr Manisha Ranjan, konsultan obstetrician & ginekolog, Motherhood Hospital, Noida mengatakan makanan dengan sumber garam dan natrium yang tinggi harus dihindari. "Makanan yang dikemas dan diproses seperti acar, sup kalengan, memiliki kandungan natrium tertinggi, dan harus dihindari bagaimanapun caranya,” katanya.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology, ditemukan garam atau natrium efeknya pada tekanan darah bumil yang juga meningkatkan kemungkinan penyakit jantung.

Namun pendapat lain menyebutkan garam penting selama kehamilan dan biasanya wanita hipertensi tidak perlu membatasi asupan garam. Membatasi garam terlalu banyak berbahaya bagi wanita hamil dan dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin.

2. Gula 

Makan terlalu banyak juga berdampak negatif untuk tekanan darah bumil. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients membuktikan bahwa gula tambahan memiliki hubungan langsung dengan meningkatnya tingkat tekanan darah.

Jika bumil mengidam makan cokelat, cobalah untuk mengontrolnya atau makan secukupnya. "Kelebihan gula harus dihindari jika bumil memiliki hipertensi selama kehamilan, karena gula dapat meningkatkan tekanan darah dalam beberapa cara,” saran Dr Ranjan.

Worried pregnant woman complaining at homeWaspada Bun, 3 Makanan Ini Bisa Picu Hipertensi pada Ibu Hamil/ Foto: iStock

3. Kafein dan minuman berkafein

Bumil yang berisiko terkena darah tinggi sangat dilarang mengonsumsi minuman berkafein. "Kafein mengurangi jumlah air dalam tubuh dan dapat menyebabkan dehidrasi. Ini tidak hanya buruk bagi Anda, tetapi juga lebih buruk bagi bayi yang belum lahir," jelas Dr Ranjan.

Kafein dapat meningkatkan tekanan darah bumil. Karena itu bumil yang memiliki masalah hipertensi disarankan untuk menjauhi minuman berkafein. Ini untuk menjaga keselamatan bumil dan bayi. Jika bumil ingin minuman berkafein cobalah ganti dengan kopi tanpa kafein atau teh bebas kafein.

“Makan dengan penuh kesadaran adalah salah satu tanggung jawab utama bagi wanita hamil dengan hipertensi," pesan Dr Ranjan.

Simak yuk faktor risiko apa saja yang bisa memicu hipertensi pada ibu hamil di halaman selanjutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 macam hipertensi pada ibu hamil:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
FAKTOR RISIKO & KOMPLIKASI DARAH TINGGI PADA BUMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!