sign up SIGN UP search


kehamilan

Bila Posisi Bayi Sungsang, Kapan Janin akan Berputar secara Alami sebelum Kelahiran

Khesedtov Bana   |   Haibunda Kamis, 16 Jun 2022 13:40 WIB
MERASAKAN POSISI BAYI BERPUTAR
Beautiful young women in the third trimester of pregnancy Pregnant woman holding arms in her stomach Expecting child concepts White background caption

Apakah Bunda bisa rasakan posisi bayi yang berputar?

Bunda pasti berharap bisa merasakan pergerakan bayi ketika bayi berputar, sayangnya itu belum pasti terjadi. Dr Sarah menjelaskan bahwa merasakan perputaran bayi bisa Bunda rasakan bergantung pada waktu terjadinya. 

Bila bayi berputar posisi saat Bunda sedang beraktivitas atau tidak tertidur, kemungkinan Bunda bisa merasakan perputaran posisi bayi. Namun, jika Bunda tidur, perputaran posisi bayi tidak akan terasa.

Sedikit berbeda bila bayi berputar untuk posisi siap bersalin, Bunda akan merasakan keram dan tekanan pada pelvis.


Bagaimana cara Bunda membuat kepala bayi turun?

Untuk menghindari potensi lakukan prosedur sesar, kebanyakan dokter di Amerika Serikat mencoba lakukan prosedur external cephalic version (ECV) yang dapat merubah posisi bayi yang sungsang.

Dr. Sarah mengungkapkan bahwa ini merupakan pendekatan umum yang digunakan oleh dokter di Amerika, dan keberhasilan biasanya lebih berpotensi terjadi pada ibu yang sudah memiliki bayi sebelumnya, karena rahim lebih halus.

Bunda sangat tidak dianjurkan untuk melakukan percobaan memutar posisi bayi sendiri. Bunda harus menyerahkan prosedur tersebut pada praktisi ahli yang sudah berpengalaman.

Terlebih, posisi bayi yang sungsang pasti memiliki penjelasan secara medisnya, Bunda. Dr. Shannon menjelaskan, kebanyakan bayi berputar pada masa akhir kehamilan, sehingga Bunda tidak perlu terlalu khawatir. Struktur rahim juga dapat menjadi faktor bayi alami sungsang, seperti adanya fibroid rahim, atau perubahan lainnya.

Bayi Bunda sendiri bisa menjadi penyebab tidak berputar, lho. Misalnya, bila bayi memiliki postur tubuh yang besar atau rendahnya cairan di sekitar bayi dapat menghambat perputaran posisi bayi.

Apakah memungkinkan bayi sungsang berputar di usia 39 minggu?

Jika sudah mendekati HPL, dan bayi belum juga berputar, Bunda jangan berkecil hati sebab masih ada harapan untuk bayi berputar posisi. Bayi sungsang bisa berputar kapan saja. 

Perlu Bunda ketahui bahwa semakin besar bayi, semakin sedikit cairan yang berada di sekitarnya sehingga akan membuat bayi semakin sulit berputar. Namun, ini tidak menutup kemungkinan bayi akan berputar posisi pada minggu ke-39, terlebih bila ini bukan kehamilan pertama Bunda. 

Alami posisi bayi yang sungsang tidak perlu merasa pusing ya Bunda, proses kehamilan tetap harus Bunda jalani saja dan mengingat kemungkinan bayi bisa berputar kapan saja.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!