sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Cara Agar Janin Turun ke Panggul, Benarkah Harus Perbanyak Posisi Sujud?

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Selasa, 07 Jun 2022 18:50 WIB
Pregnancy yoga meditation. Full length healthy 8 months pregnant calm Asian woman meditating or doing yoga exercise at home. Relaxation yoga sitting side stretch positions. caption

Jakarta - Dalam proses persalinan normal, posisi janin dalam rahim menentukan lancar tidaknya lahiran yang Bunda lalui. Ada beberapa posisi yang mengharuskan Bunda melahirkan caesar, misalnya karena sungsang dan membahayakan Bunda dan janin ya.

Namun selagi tidak ada gangguan, melahirkan secara normal menjadi pilihan yang bisa diprioritaskan. Untuk bisa melahirkan dengan proses alami, posisi janin harus semakin mendekati jalan lahir ya, Bunda. Posisi janin turun ke bawah ke arah panggul agar memudahkan ke jalan keluar janin. 


Melansir Mamastefit, pada trimester ketiga kehamilan, menjelang lahir. Si Kecil biasanya memutar sehingga bagian belakang kepalanya menghadap ke depan perut dengan kepala menghadap ke bawah. Kemudian, dia bisa turun ke panggul. Ketika janin telah menetap di panggul, ini berarti sudah siap untuk lahir ya. 
 
Dapat dikatakan saat sudah berada di panggul, dengan posisi yang benar. Si Kecil sudah siap dilahirkan, Bunda. Makanya, jika posisinya tidak juga turun, Bunda bisa mencoba melakukan beberapa hal yang bisa membuat Si Kecil turun ke panggul. Apa saja ya? Yuk, lanjutkan. 


Banner Cara Percepat Pembukaan Saat PersalinanCara Percepat Pembukaan Saat Persalinan/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Kapan janin turun ke panggul?

Mengutip dari Medicalnewstoday, mendekati masa lahir, turunnya Si Kecil ke panggul bisa berbeda-beda pada setiap Bunda. Tidak ada hari atau minggu yang bisa ditetapkan dengan pasti kapan Si Kecil turun. Bisa saja terjadi tepat saat persalinan dimulai atau beberapa jam sebelumnya. Untuk Bunda lainnya, mungkin saja terjadi beberapa minggu sebelum persalinan dimulai.
 
Pada Bunda dengan pengalaman melahirkan sebelumnya, mungkin Si Kecil bisa turun dengan lebih cepat. Ini karena tubuh mereka telah melalui proses persalinan sebelumnya, sehingga panggul Bunda mungkin membutuhkan lebih sedikit waktu untuk menyesuaikan diri dengan proses tersebut.

Sementara bagi Bunda  yang hamil untuk pertama kalinya, mungkin merasa agak kesulitan, bisa saja turunnya Si Kecil ke panggul terjadi beberapa hari atau minggu sebelum persalinan. Ini mungkin karena otot panggul mereka perlu menyesuaikan diri dengan posisi melahirkan sebelum persalinan. 

Bunda tidak perlu risau ya jika Si Kecil sudah dalam posisi yang aman, namun belum juga turun ke panggul. Karena dia bahkan bisa turun sesaat sebelum lahir. Selagi semua dalam pantauan tenaga medis yang tepat, Bunda hanya perlu fokus pada panduan mereka yang bisa dipertanggungjawabkan. Berbeda kondisi dengan Bunda yang lain bukan karena Bunda tidak normal kok. Itu wajar ya, Bunda. 

kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
TIPS AGAR SI KECIL TURUN KE PANGGUL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!