sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda, Benarkah Bayi Sungsang Bisa Mengubah Sendiri Posisinya?

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Rabu, 08 Jun 2022 13:41 WIB
Portrait of young happy pregnant woman standing by the window caption

Jakarta - Dalam proses persalinan, Si Kecil bisa saja lahir secara sungsang, Bunda. Kelahiran sungsang terjadi saat kaki atau bokong bayi dalam posisi keluar dari vagina terlebih dahulu.

Kepala Si Kecil berada paling dekat dengan dada Bunda dan bagian bawahnya paling dekat dengan vagina Bunda. Sebagian besar Si Kecil akan bergerak secara alami sehingga posisi kepala mereka keluar dari vagina lebih dulu saat lahir.

Melansir dari Myclevelandclinic, sungsang sering terjadi pada awal kehamilan dan sebagian besar Si Kecil akan bergerak ke posisi kepala lebih dulu pada usia kehamilan 36 minggu, Bunda. Posisi kepala lebih dulu ini disebut presentasi vertex dan merupakan posisi paling aman untuk melahirkan.


Namun, terkadang posisi kepala janin masih berada di rahim atas walau sudah mendekati waktu persalinan, Bunda. Jika posisi sungsang bertahan hingga minggu ke-37 kehamilan, kemungkinan besar posisi janin akan tetap seperti itu. Sehingga kemungkinan akan tetap terlahir secara sungsang. 

Banner Resep Budget Rp30 Ribu

 
Lantas apa saja yang sebaiknya Bunda ketahui tentang kelahiran sungsang? Yuk kita lanjutkan, Bunda. 

Tiga jenis sungsang berdasarkan posisi janin

Melansir dari Pregnancybirthbaby, posisi janin sungsang banyak terjadi ketika usia kandungan di bawah 35 minggu dan posisi ini bisa berubah dengan sendirinya, Bunda.

Namun, setelah usia kehamilan mencapai 35 minggu, janin akan bertambah besar, sehingga sulit baginya untuk berpindah ke posisi normal. Meski begitu, bayi sungsang hanya terdapat sekitar 3 hingga 4 persen dari semua kelahiran yang ada ya. 
 
Sebaiknya Bunda juga mengetahui tiga posisi janin sungsang sebagai berikut:

  • Frank breech, yaitu posisi sunsang bila kedua kaki janin lurus ke atas mendekati kepala dan tubuhnya terlipat menyerupai huruf V.
  • Footling breech, yaitu posisi sungsang dengan salah satu kaki bersila atau mendekati kepala, sedangkan kaki lainnya mengarah ke bawah dengan lutut tertekuk. Kaki inilah yang nantinya akan keluar terlebih dahulu jika Bunda melahirkan secara normal. 
  • Complete breech, yaitu kedua lutut janin tertekuk.

Dengan mengetahui posisi sungsang Si Kecil, Bunda bisa meminta petunjuk dokter untuk melakukan beberapa hal dengan harapan dapat mengubah posisinya, sehingga Si Kecil bisa lahir normal tanpa sungsang ya. Mengingat masih ada kemungkinan Si Kecil bisa mengubah sendiri posisinya sebelum akhirnya benar-benar terlahir sungsang. Inilah pentingnya Bunda selalu konsultasi ke dokter ya, agar mendapat rekomendasi yang tepat. 

Simak yuk Bunda cara alami mengubah posisi bayi sungsang di halaman selanjutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga yuk video tentang penyebab janin aktif di sebelah kiri.

[Gambas:Video Haibunda]



 

kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
CARA ALAMI MENGUBAH POSISI JANIN AGAR TIDAK SUNGSANG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!