sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda Jadi Sering Kencing? Itu Bisa Jadi Tanda Awal Kehamilan Lho

Melly Febrida   |   Haibunda Senin, 20 Jun 2022 21:20 WIB
Young asian woman sitting on the bed and looking at pregnancy test in toilet in morning at home. Bangkok, Thailand. Bunda Jadi Sering Kencing? Itu Bisa Jadi Tanda Awal Kehamilan Lho/Foto: Getty Images/iStockphoto/comzeal

Jakarta - Salah satu tanda awal kehamilan yang mungkin sering dialami tapi jarang disadari yakni Bunda jadi sering kencing alias buang air kecil.

Bunda tak perlu khawatir jika mengalaminya karena ini merupakan salah satu tanda kehamilan yang normal. Namun, pada kondisi tertentu Bunda perlu berkonsultasi lanjut dengan dokter.

Penyebab bumil sering kencing

Fernando Mariz, seorang ginekolog yang berbasis di Manhattan, mengatakan bumil sering kencing terjadi karena meningkatnya kadar hormon progestoeron dan human chorionic gonadotropin (hCG). 


Selama kehamilan, kata Mariz, suplai darah tubuh juga meningkat untuk mendukung janin. Sekitar 20–25 persen dari darah yang disaring ginjal dan meninggalkan limbah berupa urine. Jadi, semakin banyak darah yang diproduksi tubuh seseorang, ginjal semakin bekerja keras menghasilkan cairan yang berlebih.

Namun bumil sering kencing tidak hanya terjadi di awal kehamilan, saat kehamilan semakin membesar juga akan sering kencing atau bocor karena tekanan pada kandung kemih. Saat rahim mengembang, ia menekan kandung kemih, uretra, dan otot dasar panggul, meningkatkan keinginan untuk buang air kecil.

Banner Cara Membuat Infused WaterCara Membuat Infused Water/ Foto: Annisa Shofia

"Meskipun gejalanya dapat bervariasi dari orang ke orang, banyak orang hamil menyadari bahwa mereka mulai lebih sering buang air kecil selama trimester pertama (minggu 1 hingga minggu 12)," jelas Mariz dilansir Medical News Today.

Intensitas buang air kecil

Seberapa sering bumil buang air kecil? Menurut Mariz, rata-rata orang pergi ke kamar mandi antara 6 dan 7 kali per hari. Jumlah ini bisa bervariasi tergantung apa yang diminum dan seberapa sering minum.

"Buang air kecil antara empat dan 10 kali per hari juga dikategorikan 'normal' selama orang tersebut sehat dan nyaman dengan seberapa sering mereka mengunjungi kamar kecil," ujar Mariz.

Namun untuk bumil, seberapa sering buang air kecil itu tergantung individu. Misalnya, jika seseorang biasanya menggunakan kamar kecil delapan kali per hari, kehamilan membuatnya ke toilet menjadi 10 kali per hari. 

Bumil juga dapat mengalami kebocoran atau stres inkontinensia urine (SUI) saat janin tumbuh dan menekan kandung kemih, uretra, dan otot dasar panggul. Kebocoran itu terjadi umumnya ketika bersin, batuk, tertawa, berolahraga, mengangkat sesuatu, atau berjalan.

Waspada risiko ISK 

Tapi, jika bumil merasa sakit saat buang air kecil atau gejala lain, waspada infeksi saluran kemih (ISK). "Orang hamil berisiko lebih tinggi untuk ISK. Menurut sebuah studi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sekitar 8 persen wanita hamil mengembangkan ISK," ujar Mariz.

ISK dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius pada bumil dan janin yang sedang berkembang jika tak segera diobati.

Jika bumil khawatir tidak cukup buang air kecil atau terlalu sering buang air kecil, hubungi dokter dan diskusikan pada pertemuan pranatal berikutnya.

Untuk mengetahui perubahan frekuensi buang air kecil pada bumil, klik halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 14 ciri hamil yang jarang disadari.

[Gambas:Video Haibunda]



PERUBAHAN FREKUENSI KENCING SELAMA KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!