sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Tanda Hamil 2 Minggu meski Test Pack Belum Tunjukkan Hasil Positif

Melly Febrida   |   Haibunda Jumat, 17 Jun 2022 20:50 WIB
Pregnant woman in the early stages touches the belly with her hands. First and second trimester of pregnancy. caption

Bunda mengalami gejala hamil namun testpack belum menunjukkan hasil. Namun setelah testpack menunjukkan positif, Bunda dinyatakan sudah hamil lebih dari dua minggu.

Kebanyakan dokter kandungan menghitung kehamilan dari hari pertama menstruasi terakhir, sekitar 1 atau 2 minggu sebelum Bunda hamil.  Jadi, jika Bunda berpikir hamil sekitar dua minggu yang lalu, mungkin Bunda setidaknya hamil empat atau lima minggu.

Pada kehamilan 2 minggu, Bunda belum benar-benar hamil, tetapi kemungkinan besar dalam masa paling subur. Dengan kata lain, dalam 2 minggu pertama atau lebih, Bunda tidak benar-benar hamil melainkan tubuh sedang mempersiapkan ovulasi (melepaskan sel telur dari salah satu indung telur).


Lantas bagaimana Bunda bisa menyebut ini minggu pertama kehamilan jika tidak hamil?  Jennifer Leighdon Wu, dokter kandungan/ginekolog bersertifikat, menjelaskan bahwa dokter sangat sulit menentukan dengan tepat waktu dimulainya kehamilan, yakni ketika sperma bertemu dengan sel telur.

Banner Buah yang Bagus untuk JaninBuah yang Bagus untuk Janin/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Adapun kehamilan diukur pada kalender 40 minggu dan hari pertama dimulai pada hari pertama siklus menstruasi terakhir. Bunda hamil menjelang akhir minggu kedua atau awal minggu ketiga, tergantung kapan tubuh berovulasi.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan awal menstruasi, namun menentukan hari ovulasi dengan tepat itu bisa sulit. Terlebih lagi, sperma bisa ada di tubuh Bunda selama beberapa hari sebelum sel telur keluar untuk menyambutnya. 

"Demikian juga, sel telur Anda dapat terus menunggu hingga 24 jam sperma yang terlambat muncul," ujar Wu dilansir What To Expect.

Siklus ovulasi ini menentukan tanggal pasti saat Bunda hamil. Ovulasi biasanya terjadi antara hari ke-13 dan 20 setelah hari pertama menstruasi, tergantung lamanya siklus Bunda.

Hamil juga bergantung pada waktu pasutri melakukan hubungan intim dalam waktu paling subur. Ini mungkin dalam dua hari sebelum Bunda berovulasi maupun pas ovulasi.

Jika siklus Bunda teratur 28 hari, sangat mungkin Bunda berovulasi pada hari ke-15. Tapi, tidak semua wanita siklusnya teratur 28 hari setiap bulannya.

Saran yang sama juga disampaikan Debra Rose Wilson, praktisi kesehatan holistik. Ia mengatakan jika Bunda sudah mengetahui pola ovulasi, cobalah merencanakan untuk melakukan hubungan intim selama puncak masa subur. 

"Ini biasanya sehari sebelum ovulasi, sehingga sperma punya waktu untuk melakukan perjalanan ke tuba fallopi untuk membuahi sel telur," kata Wilson dilansir Healthline.

Gynecologist showing patient ultrasound of fetus on tablet. Diagnosis and management of pregnancy concept7 Tanda Hamil 2 Minggu meski Test Pack Belum Tunjukkan Hasil Positif/ Foto: Getty Images/iStockphoto/megaflopp

Menurut Wilson, perhatikan keputihan. Saat berovulasi, keputihan akan berubah tekstur dan konsistensinya. Keputihan akan menjadi jernih dan licin, seperti putih telur mentah, saat tubuh bersiap untuk berovulasi.

"Setelah ovulasi, cairan menjadi keruh dan kental, dan kemudian akan hilang sama sekali," ujarnya.

Selain itu, apa tanda hamil 2 minggu? Klik halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 10 tanda awal kehamilan menurut obgyn:

[Gambas:Video Haibunda]



TANDA HAMIL 2 MINGGU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!