sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Penyebab Keputihan Berwarna Hijau Saat Hamil, Jangan Dianggap Sepele

Nanie Wardhani   |   Haibunda Rabu, 22 Jun 2022 07:00 WIB
Ilustrasi hamil Ilustrasi keputihan berwarna hijau saat hamil/ Foto: Getty Images/Satoshi-K

Saat hamil, Bunda akan mengalami banyak perubahan. Baik secara fisik, maupun secara mood atau perasaan. Keputihan adalah kondisi yang dialami seorang perempuan dan memiliki fungsi untuk membersihkan vagina secara alami.

Keputihan merupakan sebuah kondisi yang normal terjadi saat hamil karena adanya peningkatan kadar hormon serta naiknya aliran darah ke vagina. Nah, cairan yang keluar adalah bakteri yang normal berada di vagina dan sel-sel dindingnya, serta berasal dari rahim.

Jika keputihan dialami tanpa ada gangguan dan gejala lain, sebenarnya adalah kondisi yang sangat normal untuk dialami. Tapi apabila keputihan yang Bunda alami memiliki kondisi dan gejala yang berbeda maka ada baiknya Bunda waspada.


Beberapa kondisi yang perlu Bunda waspadai di antaranya adalah vagina yang perih atau gatal, memiliki bau, pendarahan vagina, atau bahkan keputihan yang berubah warna. Setiap kondisi dan gejala yang berbeda mewakili suatu kondisi. Tidak terkecuali keputihan yang berwarna hijau saat hamil.

Penyebab keputihan berwarna hijau

Pada umumnya, keputihan merupakan hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan berlebih bagi Bunda. Termasuk, apabila Bunda sedang mengandung. Cairan keputihan akan terbentuk seperti lendir dan memiliki warna putih telur.

Jika Bunda sudah mendekati persalinan, maka lendir tadi akan lebih banyak lagi. Hanya saja, jika itu berwarna hijau, maka sudah saatnya Bunda lebih waspada.

Itu terjadi karena keputihan yang berwarna hijau merupakan tanda infeksi yang serius. Kalau Bunda mengalami ini saat hamil maka sebaiknya Bunda langsung menemui dokter. Sebab keputihan yang berwarna hijau ini bisa memengaruhi kehamilan Bunda.

Ilustrasi ibu hamilIlustrasi keputihan berwarna hijau saat hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto/RyanKing999

Seperti yang dilansir dari Healthline, ada beberapa penyebab umum mengapa keputihan berwarna hijau saat hamil.

1. Klamidia atau chlamydia

Penyebab yang pertama adalah karena infeksi oleh bakteri chlamydia trachomatis. Menurut CDC di Amerika Serikat, klamidia adalah infeksi menular seksual yang paling sering dilaporkan di sana.

Namun, klamidia biasanya tidak menimbulkan gejala, termasuk pada ibu hamil. Hanya saja, jika ada, gejalanya biasanya meliputi:

  • Keputihan yang tidak normal dan berwarna hijau
  • Bau vagina yang tidak mengenakkan
  • Vagina gatal atau seperti ada sensasi terbakar
  • Tidak nyaman saat buang air kecil

Jika tidak ditangani dengan segera, klamidia pada saat kehamilan dapat menyebabkan:

  • Persalinan prematur
  • Berat badan bayi yang lebih rendah
  • Pneumonia pada bayi

2. Gonore

Gonore merupakan penyakit menular seksual atau PMS. Penyakit ini umum ditemui pada orang dewasa muda dan dewasa. Seperti klamidia, gonore juga tidak menunjukkan gejala pada ibu hamil.

Ibu hamil yang mengalami gonore biasanya tidak mengetahui jika mereka menderita penyakit ini. Gejala yang ibu hamil alami kerap kali biasanya ringan dan mirip seperti infeksi vagina atau kandung kemih.

Seperti klamidia, gejala gonore juga meliputi:

  • Keputihan yang tidak normal dengan berwarna hijau
  • Bau vagina yang tidak mengenakkan
  • Vagina gatal atau seperti ada sensasi terbakar
  • Tidak nyaman saat buang air kecil

Bedanya, gonore dapat menular saat melahirkan. Sehingga bayi dapat tumbuh dengan:

  • Kebutaan
  • Infeksi sendi
  • Infeksi darah
  • Luka kulit di kepala
Ilustrasi ibu hamilIlustrasi keputihan berwarna hijau saat hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Mykola Sosiukin

3. Trikomoniasis

Trikomoniasis atau yang biasa disebut trich, juga merupakan infeksi menular seksual yang diderita oleh banyak orang. Di Amerika Serikat sendiri, ada 3,7 juta orang yang menderita trich.

Sebagaimana dua penyakit sebelumnya, trikomoniasis juga menimbulkan gejala. Gejalanya juga sama dengan klamidia dan gonore. Bedanya, trich menyebabkan kemerahan pada alat kelamin.

Beberapa risiko yang dapat dirasakan bayi dengan ibu hamil yang menderita trich antara lain adalah.

  • Melahirkan prematur
  • Bayi lahir dengan berat badan yang lebih rendah
  • Infeksi yang dapat menular

Jika Bunda mengalami keputihan berwarna hijau, sebaiknya Bunda segera bertemu dengan dokter. Sebab infeksi yang Bunda alami berpotensi menyebabkan komplikasi yang sangat serius, yang berdampak pada kesehatan dan tentunya kehamilan Bunda.

Keputihan adalah hal yang normal untuk ibu yang sedang mengandung, tapi,akan menjadi berbahaya ketika keputihan tersebut berwarna hijau. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi dokter ya Bunda.

Dokter dan penyedia layanan kesehatan akan membantu Bunda untuk bisa mengobati berbagai keluhan Bunda terkait keputihan. Semoga bermanfaat.

[Gambas:Video Haibunda]



 

 

(som/som)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!