sign up SIGN UP search


kehamilan

Jarang Diketahui, Ternyata Jus Plum Kering Bantu Atasi Sembelit Ibu Hamil

Khesedtov Bana   |   Haibunda Kamis, 23 Jun 2022 09:40 WIB
7 CARA UNTUK LANCARKAN PENCERNAAN
Penyebab janin stres dalam kandungan caption

TipsĀ lancarkan pencernaan ibu hamil

Mengalami konstipasi memang sangat tidak enak ya, Bunda. Setidaknya ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk melawan konstipasi selama kehamilan, seperti

1. Konsumsi makanan berserat

Sepertinya yang sudah diterangkan oleh dr. Alexander Mukti, Sp.OG, nih Bunda. Makanan berserat memang dapat melancarkan pencernaan. Dari laman Whattoexpect, Bunda bisa konsumsi 25 hingga 35 gram makanan kaya serat per harinya. Makanan kaya serat bisa Bunda dapatkan dari sereal atau roti gandum, polong-polongan, sayur dan buah segar, dan buah kering.

2. Banyak konsumsi air

Bunda bisa konsumsi air mineral, kaldu, atau jus sayur/buah untuk melancarkan pencernaan. Bunda juga bisa meminum air hangat dengan lemon untuk menstimulasi gerak peristaltik dalam tubuh yang membantu Bunda ingin buang air besar. Jus Prune juga bisa Bunda konsumsi, lantaran jus prune merupakan salah satu pencahar ringan.


3. Jangan terlalu kenyang

Ketika mengonsumsi makanan, Bunda bisa membatasi jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ketika makan terlalu banyak, kemungkinan pencernaan melambat sangat bisa terjadi, lho. Bunda disarankan untuk makan sedikit namun sering, seperti konsumsi 6 makan kecil selama sehari dibanding dengan 3 makan besar. Dengan ini Bunda juga bisa cegah gas dan kembung.

4. Tidak menahanĀ BAB

Saat ingin buang air besar, Bunda disarankan untuk tidak menahan diri. Menahan dapat menyebabkan otot yang mengontrol usus menjadi lemah dan membuat Bunda alami konstipasi.

5. Mempertimbangkan suplemen dan obat yang dikonsumsi

Sayangnya, obat-obatnya yang dibutuhkan ibu hamil seperti (vitamin, suplemen kalsium dan zat besi, serta antasid) dapat mempertajam konstipasi. Bunda harus lakukan konsultasi dengan dokter untuk melihat alternatif lain dalam dosis obat-obatan maupun suplemen yang Bunda konsumsi.

6. Memenuhi kebutuhan probiotik

Probiotic acidophilus yang ditemukan dalam yogurt dapat menstimulasi bakteri dalam usus untuk mencerna makanan lebih baik dan melancarkan pencernaan. Bunda juga bisa konsultasi kepada praktisi ahli untuk merekomendasikan suplemen probiotik dalam kapsul, yang dapat dikunyah atau bubuk untuk ditambahkan ke dalam jus.

7. Banyak bergerak

Melakukan olahraga rutin dapat membantu pergerakan usus, lho Bunda. Bunda bisa lakukan jalan santai selama 10 menit. Bunda juga bisa bicarakan dengan dokter latihan seperti apa yang cocok dan aman untuk Bunda lakukan.

(rap/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!