sign up SIGN UP search


kehamilan

6 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil, Atasi Sembelit hingga Cegah Anemia

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Sabtu, 11 Jun 2022 07:00 WIB
Buah Naga caption

Jakarta - Saat hamil, Bunda disarankan untuk memperbanyak buah dan sayur? Buah mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh kesehatan tubuh, Bunda. Sifatnya yang alami juga dianggap sebagai sumber nutrisi yang aman untuk janin.

Namun apakah semua buah dan sayur aman untuk ibu hamil ya, apalagi konon katanya ada buah seperti durian dan nanas bisa membahayakan janin. Tak hanya itu saja, Bunda dengan riwayat medis diabetes atau gangguan kesehatan lain juga disarankan diet jenis buah tertentu sesuai saran dokter.

Buah naga menjadi salah satu buah yang tidak dianjurkan untuk pengidap diabetes. Buah naga juga sebaiknya dihindari saat sedang diare, bahkan ada yang mengatakan jika buah naga sebaiknya dihindari Bunda yang sedang menstruasi.  


Lantas bagaimana konsumsi buah naga pada Bunda hamil? Yuk kita lanjutkan. 

Mengenal nilai gizi buah naga

Melansir dari Parenting Firstcry, buah naga merupakan buah dengan segudang nutrisi yang bagus dikonsumsi Bunda hamil, Bunda. Buah dengan nama lain pitaya ini merupakan buah populer yang berasal dari Amerika Selatan, yang ditemukan di anak benua India.

Buahnya memiliki lapisan luar bersisik besar dan rasanya manis yang tajam. Tekstur bagian dalam buahnya mirip dengan kiwi karena ada biji berwarna hitam di dalam buah naga. 

Banner Bumil dan Janin LaparBumil dan Janin Lapar/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Buah naga sangat bergizi dan memiliki banyak karbohidrat yang akan memberikan energi yang sangat dibutuhkan Bunda hamil. Konsumsi buah naga aman selama kehamilan karena memiliki banyak manfaat untuk Bunda dan janin. 

Selain itu, sejumlah besar kalsium dalam buah naga, berdampak pada perkembangan struktur tulang Si Kecil, Bunda. Zat besi, potasium, dan beberapa protein yang terkandung di dalamnya juga berfungsi penting meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Salah satu komponen kunci dari sekian kandungan buah naga adalah likopen, yang merupakan ciri khas buah naga. Kandungan ni membantu dalam memerangi berbagai masalah jantung, hipertensi, serta mengurangi kemungkinan kanker. Jadi, anjuran konsumsi buah naga tidak hanya berlaku bagi Bunda hamil ya. 

Simak informasi mengenai manfaat buah naga di halaman selanjutnya!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga resep es krim buah naga dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
MANFAAT KONSUMSI BUAH NAGA BAGI KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!